Dijamin Nagih! 6 Cara Membuat Soto Ayam dari Berbagai Daerah Indonesia

Cara Membuat Soto Ayam
Cara Membuat Soto Ayam (Foto : Freepik/ Edgunn)

Antv – Soto merupakan salah satu kuliner yang digemari oleh banyak masyarakat Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki cara membuat soto ayam dengan ciri khasnya masing-masing, baik dari segi rempah, bumbu, maupun pelengkapnya.

Soto sendiri merupakan hidangan berkuah kaldu dengan cita rasa gurih dan hangat. Hidangan ini sangat cocok dinikmati kapanpun, baik pagi hari maupun malam hari untuk menghangatkan badan.

Soto kerap dihidangkan dalam acara-acara besar, seperti hajatan maupun arisan. Namun, bukan hal yang sulit pula untuk membuat soto ayam sendiri di rumah sebagai menu sehari-hari.

Berbicara tentang soto ayam, setiap daerah di Indonesia memiliki kekhasannya masing-masing. Hal tersebut salah satunya dipengaruhi oleh ketersediaan rempah yang membuat cita rasa soto di berbagai daerah menjadi sangat beragam.

Keragaman soto dari berbagai daerah terkadang ditandai dengan penamaannya yang disesuaikan dengan asal daerahnya. Misalnya, Soto Betawi dari DKI Jakarta, Soto Lamongan dari Kabupaten Lamongan, dan masih banyak lagi.

Untuk merasakan cita rasa soto ayam dari berbagai daerah di Indonesia, kamu tidak perlu mengunjungi daerahnya secara langsung. Sebab, kami telah merangkum 6 cara membuat soto ayam dari berbagai daerah di Indonesia dari berbagai sumber pada Kamis, 22 September 2022.

Soto Ayam Bangkong Khas Semarang 

img_title
Cara Membuat Soto Ayam. (Foto : Cookpad)

Soto Bangkong merupakan hidangan soto khas Semarang, Jawa Tengah. Meski kata bangkong sendiri artinya katak, namun bukan berarti soto ini berbahan dasar katak. Bangkong didapatkan dari nama perempatan jalan tempat warung soto ini berdiri. 

Penasaran dengan cita rasanya? Berikut ini cara membuat soto ayam Bangkong khas Semarang.

Bahan:

1 ekor dada ayam kampung

Bumbu Halus:

4 siung bawang putih

6 siung bawang merah

2 butir kemiri

3 cm kunyit

3 cm jahe

1/2 buah pala

1 sdt ketumbar

1/2 sdt lada bubuk

Bumbu Utuh:

1 sdm margarin

1 batang serai, memarkan

3 cm lengkuas, memarkan

3 lembar daun salam

3 lembar daun jeruk

gula, garam dan kaldu ayam bubuk secukupnya

Bahan Pelengkap:

Kecap manis, bawang merah goreng dan sambal rawit secukupnya

daun bawang, seledri dan tomat secukupnya

soun, kol iris, dan tauge rebus secukupnya

Bawang putih goreng

Cara Membuat: