Piala Asia 2023, Sejarah Indonesia Lolos 16 Besar, Lawan Australia Peringkat 25 Dan Indonesia 146

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, Indonesia 1-3 Jepang
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, Indonesia 1-3 Jepang (Foto : PSSI)

Antv – Hasil pertandingan Piala Asia 2023, Timnas Indonesia mencatat sejarah setelah dipastikan lolos ke babak 16 besar, Kamis malam 25 Januari 2024. Ini kali pertama Indonesia lolos dari fase grup selama lima edisi mengikuti Piala Asia.

Di babak 16 besar, Indonesia akan menantang juara Grup B, Australia di Stadion Jassim Bin Hamad pada Minggu, 28 Januari 2024 pukul 18.30 WIB. Diatas kertas Australia diunggulkan karena punya rangking FIFA di peringkat 25, sedangkan Indonesia di peringkat 146.

Jadwal 16 besar lainnya, Tajikistan lawan UAE, Irak vs Jordania, Qatar vs Palestine, Uzbekistan vs Thailand, Arab Saudi vs Korea Selatan, Bahrain vs Jepang, Iran vs Syria.

Indonesia lolos dengan status sebagai peringkat tiga terbaik. Di klasemen akhir Grup D, Irak di puncak dengan sembilan poin dan Jepang kedua dengan enam poin. Indonesia di peringkat tiga dengan tiga poin dan Vietnam di peirngkat empat dengan nol poin.

Dari enam grup, tim yang berhak lolos ke babak 16 besar adalah juara dan runner up grup ditambah empat tim dengan status peringkat tiga terbaik. Empat tim yang lolos sebagai peringkat tiga terbaik adalah Syria, Palestina, Jordania dan Indonesia.

Kepastian Indonesia lolos setelah di Grup F, Oman bermain imbang lawan Kyrgistan 1-1. Di klasemen Grup F, Oman harus puas di peringkat ketiga dengan nilai dua poin.