League One Inggris 2024 : Oxford United Raih Tiket Play-Off, Ada Duet Anindya Bakrie & Erick Thohir

Erick Thohir dan Anindya Bakrie di Oxford United
Erick Thohir dan Anindya Bakrie di Oxford United (Foto : instagram Oxford United)

Antv – Klub League One Inggris, Oxford United, musim 2023-2024, berhasil finish di peringkat lima besar, sekaligus meraih tiket lolos ke babak play-off promosi ke Divisi Championships Inggris.

Keberhasilan Oxford United juga berkat peran dua Pengusaha asal Indonesia Anindya Bakrie dan Erick Thohir yang menjadi pemilik klub. Anin dan Erick membeli Oxford United sejak 2018 yang kemudian memperbesar kepemilikan saham menjadi 51% pada 2022. Ini sekaligus mengakhiri era Sumrith "Tiger" Thanakarnjanasuth yang sebelumnya selama empat setengah tahun menjadi pemilik dan chairman, meski pria asal Thailand ini tetap memegang saham minoritas.

img_title
Oxford United bantai Peterborough 5-0 di League One Inggris. (Foto: Oxford United/Steve Edmunds)

Anin dan Erick bertekad membawa Oxford promosi ke Championship. Sebenarnya klub berjuluk The Us sudah masuk babak final play-off pada 2020 tapi kalah di final dari Wycombe Wanderers 1-2. Oxford menempati peringkat 5, setelah di laga terakhir matchday #46 musim 2023-2024, Sabtu Malam 27 April 2024, Oxford menang tipis atas Exeter City 2-1. Sebelumnya klub berjuluk The Us berada di peringkat 7.

Dua gol kemenangan Oxford atas Exeter diciptakan Thomas Harris menit ke-12 dan gol penalty Cameron Brannagan menit ke-40. Sedangkan gol balasan Exeter disumbang Milenic Ali menit ke-52.

Keberhasilan Oxford United lolos promosi play-off, dikarenakan pada pertandingan lain, Lincoln City takluk dari juara League One Portsmouth 0-2 dan Barnsley bermain imbang melawan Northampton 1-1.

Tiga klub lolos ke Championship. Dua klub, juara 1 dan 2 Leaque One, otomatis promosi yakni sang juara Portsmouth (97 poin) dan runner up Derby County (92 poin). Satu tempat tersisa diperebutkan empat tim peringkat 3 sampai 6 di babak play-off.