Cerita Raja dan Ratu DBL Jakarta Selatan, Putra SMA Al Izhar Dan Putri SMAN 70 Menaklukan Jakarta

Basket Putra SMA Al-Izhar Pondok Labu juara DBL 2023 Jakarta Selatan
Basket Putra SMA Al-Izhar Pondok Labu juara DBL 2023 Jakarta Selatan (Foto : DBL)

Antv – Liga basket pelajar terbesar Tanah Air yang berlangsung pada Seri Jakarta Selatan resmi punya ’Raja Baru’. Status sebagai penguasa baru itu sukses disandang oleh tim basket putra SMA Al-Izhar Pondok Labu, usai menundukkan SMAN 47 Jakarta dengan skor 64-34. Pada final party DBL 2023 DKI Jakarta Series – South Region di GOR Bulungan, Sabtu, 21 Oktober 2023.

GOR Bulungan yang jadi venue gelaran Seri Jaksel ini full house. Penuh sesak dipadati ribuan penonton yang secara tertib bergantian masuk dan keluar. Tak hanya suporter dan keluarga dari empat sekolah yang berlaga di partai puncak putra dan putri. Melainkan juga para penggemar basket di Ibu Kota, mulai dari kalangan umum hingga selebriti. Menyebabkan tiket online yang dijual secara terbatas melalui aplikasi DBL Play sold out sejak sehari jelang final.

Suasana makin pecah pada detik-detik akhir kuarter keempat final putra. Ketika para pendukung AIPL (julukan SMA Al-Izhar Pondok Labu) yang memadati sisi tribun timur dengan dresscode serba putih, bersorak merayakan keberhasilan kali pertama mengangkat gelar champion Seri Jakarta Selatan. Maklum saja, ini adalah pencapaian terbaik sepanjang sejarah keikutsertaan mereka. Pencapaian terbaik mereka sebelumnya adalah sebagai runner-up Seri Jaksel, pada edisi 2018 silam.

Penggawa AIPL, Fakhri Putra Afrinaldi mengaku tak bisa mengungkapkan dengan kata-kata atas capaian musim ini.

"Akhirnya semua kerja keras kami terbayar. Setelah musim lalu, kami harus menelan pil pahit langsung tersingkir pada babak pertama," ujar student-athlete kelas XII yang mengemas 14 poin dan 8 rebound pada laga final ini.

img_title
Basket Putri SMAN 70 Jakarta juara DBL 2023 DKI Jakarta Selatan. (Foto: DBL)

Berbeda dengan persaingan putra yang berhasil menobatkan juara baru, gelar Ratu Jaksel tetap disandang oleh sang juara bertahan, SMAN 70 Jakarta atau Seventy. Sekolah yang ber-home base di Bulungan ini sukses menorehkan back-to-back champion alias dua musim beruntun mengunci gelar juara Seri Jakarta Selatan. Usai sukses menundukkan ambisi revans Teladan (SMAN 3 Jakarta), dengan keunggulan 74-31.