Semifinal IBL Playoffs : Singkirkan Satria Muda, Pelita Jaya Bakrie ke Final IBL 2023

Semifinal IBL Playoffs 2023 Pelita Jaya Singkirkan Satria Muda
Semifinal IBL Playoffs 2023 Pelita Jaya Singkirkan Satria Muda (Foto : IBL)

Antv – Hasil pertandingan IBL Playoffs, Pelita Jaya Bakrie berhasil meraih tiket ke final usai menyingkirkan Satria Muda Pertamina Jakarta. Di semifinal gim kedua, Pelita Jaya menang tipis atas Satria Muda 87 lawan 84 di Britama Arena Jakarta, Sabtu 15 Juli 2023.

Menggunakan sistem best of three games, Pelita Jaya menang aggregate 2-0. Di gim pertama Pelita Jaya menang 80 lawan 67. Di final, Pelita Jaya akan melawan pemenang antara Prawira Harum Bandung melawan Dewa United Banten.

Dalam pertandingan di Britama Arena, Satria Muda yang bertindak sebagai tuan rumah menurunkan starting five Juan Laurent Kokodiputra, Ali Bagir Wayarabi Alhadar, Widyanta Putra Teja, pemain asing Richard Jackson, dan kapten tim Avan Seputra. Kali ini tidak ada Hardianus yang mendapatkan hukuman larangan tiga pertandingan.

Sedangkan Pelita Jaya menurunkan tim inti yang berisi M. Arighi, Govinda Julian Saputra, Hendrick Xavi Yonga, pemain asing Dominique Sutton, dan kapten tim Andakara Prastawa Dhyaksa.

Pada kuarter pertama, kedua tim terlibat adu tembakan tiga angka. Pelita Jaya memasukkan lima three point dari enam tembakan yang dicetak. Sedangkan Satria Muda memasukkan empat three point. Perbedaan yang terlihat dari Satria Muda adalah agresifitas. Defense mereka lebih baik, sehingga Pelita Jaya tidak bisa bermain dengan tempo cepat. Di kuarter pertama, Satria Muda unggul tipis 20 lawan 19.

Pelita Jaya mencoba untuk bangkit di kuarter kedua. Mereka menarik keunggulan lima angka yakni 32-27 di pertengahan kuarter, melalui free throw dari Andakara Prastawa Dhyaksa. Tapi keunggulan ini dipotong oleh Elijah Foster yang mencetak lima poin berturut-turut. Satria Muda memanfaatkan momentum tersebut untuk memimpin dengan margin tiga angka yakni 44-41 saat turun minum.

Di kuarter ketiga, kedua tim sama-sama mengoleksi 20 poin dan skor menjadi 64 lawan 61.