25 Tahun Luwu Utara, Pj Gubernur Bahtiar Apresiasi Pencapaian Pembangunan Daerah

25 Tahun Luwu Utara, Pj Gubernur Bahtiar Apresiasi Pencapaian Pembangunan Daerah
25 Tahun Luwu Utara, Pj Gubernur Bahtiar Apresiasi Pencapaian Pembangunan Daerah (Foto : Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Antv – Kabupaten Luwu Utara telah berusia 25 tahun. Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) daerah yang dipimpin Bupati Indah Putri Indriani tersebut berlangsung sederhana dalam rapat paripurna, dan dihadiri Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin yang didampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel Sofha Marwah Bahtiar, serta Kapolda Sulsel Andi Rian R Djajadi.

Pada momentum tersebut, Pj Gubernur Bahtiar menyampaikan apresiasinya atas kemajuan Kabupaten Luwu Utara di usia seperempat abad. Mulai dari angka kemiskinan ekstrem yang telah menurun, angka stunting dari 19 persen menjadi 15 persen, kemudian pendapatan dan daya beli masyarakat yang sudah diatas rata-rata provinsi dan nasional.

img_title
Pj Gubernur Bahtiarsaat Tiba di Acara 25 Tahun Luwu Utara. (Foto: Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Begitupun pencapaian dari sektor pertanian, perikanan, sektor konstruksi dan sektor lainnya yang mempengaruhi ekonomi hijau dan menuju ekonomi biru.

"Pertumbuhan ekonomi 5,2 persen. Pengangguran terbuka sangat turun, kemudian yang sangat turun dari 19 menjadi 15 persen untuk stunting. Ini luar biasa dan kita harus banyak belajar di Luwu Utara," kata Bahtiar, pada Rapat Paripurna peringatan HUT Luwu Utara di Gedung DPRD Luwu Utara, Minggu, 28 April 2024.

Menurut Bahtiar, seluruh pencapaian Luwu Utara merupakan dukungan dari berbagai elemen. Baik DPRD Kabupaten Luwu Utara, Forkopimda Luwu Utara, seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh stakeholder lainnya dalam mewujudkan pencapaian Luwu Utara.

img_title
Pj Gubernur Bahtiar Memberikan Bantuan Rumah Ikan dan Rumpon. (Foto: Dok. Humas Pemprov Sulsel)

"Saya sangat senang sekali kalau kepala daerah menyampaikan pencapaian berdasarkan data dan angka yang sangat terpercaya, dan hasil pengukuran dari lembaga seperti BPS," tuturnya.

Sementara, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi, mengaku sangat senang karena Kabupaten Luwu Utara termasuk daerah yang kondusif. Termasuk saat pelaksanaan pesta demokrasi, Pemilihan Presiden dan Legislatif.

"Saya atas nama pimpinan Polri menyampaikan keadaan Kamtibmas di Sulawesi Selatan mulai dari awal pemilu sampai pembacaan putusan kemarin, Alhamdulillah aman dan tanpa kekurangan satu apapun. Termasuk di Kabupaten Luwu Utara ini," ungkap Andi Rian.

Kapolda berharap, situasi kondusif ini tetap terjaga pada momentum pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan November 2024 mendatang.

Di tempat yang sama, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menyampaikan terima kasih kepada Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel, yang sudah berkenan hadir pada peringatan HUT Luwu Utara yang ke 25 tahun, yang digelar secara sederhana di Gedung Paripurna DPRD Luwu Utara.

img_title
Pj Gubernur Bahtiar Memberikan Bibit Pohon. (Foto: Dok. Humas Pemprov Sulsel)

"Terima kasih Bapak Pj Gubernur Sulsel dan Bapak Kapolda Sulsel sudah hadir dan ini sebuah keistimewaan bagi kami seluruh masyarakat Luwu Utara," tuturnya.

Indah memaparkan seluruh pencapaian selama ia memimpin Luwu Utara. Mulai dari sektor pertanian, perikanan, perkebunan, sampai konstruksi dan sektor lainnya, seperti penurunan kemiskinan ekstrem, penurunan stunting, serta penurunan angka pengangguran

"Kami betul-betul melakukan pola yang efektif dan produktif dalam melakukan komunikasi pembangunan ekonomi di Luwu Utara. Dan Luwu Utara tahun ini panen prestasi dari berbagai sektor," ungkapnya.

Ia menambahkan, pertumbuhan ekonomi di Luwu Utara mencapai 5,2 persen, dan angka pengangguran bisa ditekan 2,51 persen. "Ini semua berkat kerjasama dan koordinasi yang baik antara seluruh stakeholder lainnya," tutupnya.