Eksotisme Wisata Air Terjun Sedampah Indah di Lampung yang Memacu Adrenalin

Eksotisme Wisata Air Terjun Sedampah Indah di Lampung yang Memacu Adrenalin
Eksotisme Wisata Air Terjun Sedampah Indah di Lampung yang Memacu Adrenalin (Foto : antvklik-Pujiansyah)

Antv – Mengunjungi air terjun dengan guyuran air yang sejuk dan udara disekitarnya, masih menjadi primadona bagi masyarakat. Bagi anda yang suka bertualang sambil menikmati wisata air terjun, tidak salahnya mengunjungi air terjun Sedampah Indah yang terletak di Desa Dampah, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat, Lampung.

Wilayah Kabupaten Lampung Barat yang merupakan area perbukitan ternyata memiliki banyak wisata alam yang belum diketahui orang banyak. Salah satu tempat wisata yang menarik adalah air terjun Sedampah Indah dengan ketinggian 15 meter lebih itu dapat memacu adrenalin sebab untuk tiba ke lokasi membutuhkan fisik prima.

Pengunjung bisa menggunakan motor sejauh 2 kilometer dari Desa Sedampah. Lalu dilanjutkan dengan jalan kaki di jalan setapak selama lebih kurang setengah jam dengan kontur jalan perbukitan.

Setelah tiba di lokasi, pengunjung bisa melepas lelah perjalanan dengan mandi di air terjun yang jernih berpadu dengan pemandangan alam yang asri. Di lokasi juga banyak tempat berswafoto dengan latar belakang alam dan air terjun.

"Air terjunnya sejuk, asri dan adem. Walaupun menuju ke air terjun ini lokasinya cukup terjal, tapi terbayar sama view yang bagus dan lokasi yang sejuk," kata Resti, pengunjung air terjun Sedampah Indah asal Bandar Lampung.

Menurut Resti, dirinya mengetahui lokasi air terjun ini dari saudaranya. Ia pun penasaran untuk mengunjungi air terjun Sedampah Indah. Ia pun berharap jalan dan akses menuju ke lokasi air terjun untuk diperbaiki sehingga menjadi potensi wisata yang bagus.

"Semoga jalannya diperbaiki. Biar tidak sulit menuju ke lokasi air terjun sebab tempatnya sudah bagus. Kalau akses jalannya bagus bisa menjadi potensi pariwisata," ucap Resti.

Untuk masuk ke lokasi wisata alam itu, pengunjung belum dikenakan biaya masuk alias gratis.  Kedepannya, pemerintah desa akan bekerja sama dengan pokdarwis membangun sarana penunjang, supaya bisa menjadi tambahan pemasukan desa.

Kepala Desa Sedampah, Yundri Saputra mengatakan di desanya memiliki potensi wisata yang menarik yakni air terjun Sedampah Indah. Selain memanjakan mata, air terjun Sedampah Indah ini udaranya masih segar dan menjadi lokasi yang bagus untuk berswafoto.

"Langkah pertama kita akan memperbaiki infrastruktur ke lokasi wisata air terjun Sedampah Indah. Kemudian setelah jalannya bagus, kita juga akan membangun gazebo-gazebo kecil sehingga menjadi potensi pariwisata," kata Yundri Saputra.