Penggerak Ekonomi Masyarakat Destinasi Wisata Wahana Alam Parung

wahana alam parung
wahana alam parung (Foto : istimewa)

Antv –Bermanfaat bagi masyarakat. Faktor utama yang melatar belakangi Aji Hidayat melahirkan ide desa wisata Wahana Alam Parung. Logikanya cukup sederhana, yaitu berpikir dan berupaya untuk memakmurkan kehidupan masyarakat di tempat tinggalnya. 

Aji Hidayat memiliki keinginan yang kuat untuk dapat bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini dapat terlihat di mana bisnis-bisnis, usaha-usaha perekonomian yang dijalankannya.

Salah satunya adalah Wahana Alam Parung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Sebuah destinasi yang menawarkan konsep wisata keluarga dengan suasana asri dan sejuk, karena terletak di lereng gunung Desa Guranteng, Kecamatan Pageur Ageung, Tasikmalaya.

Wahana Alam Parung awalnya adalah sebuah desa yang kini disulap menjadi desa wisata dengan berbagai destinasi di dalamnya. Sejumlah spot wisata menarik untuk beraktivitas atau sekadar berswafoto tersedia di area wisata seluas 4 hektare tersebut.

Seperti niatnya, bermanfaat bagi masyarakat, Aji Hidayat mempekerjakan puluhan warga lokal. Tak sekedar itu, pedagang-pedagang di area luar dipersilahkan untuk berdagang tanpa dipungut biaya.

" Ya dulu bermula karena memang saya sebagai warga asli kampung ini, ingin berbuat banyak untuk memajukan kampung ini, jadi dengan kemanpuan yang saya punya, munculah ide membuat wahana wisata yang basicnya adalah alam," kata Haji Hidayat.

"Para warga kita bebaskan untuk berjualan di area wahana meski di dalam juga kami telah menyediakan area food court, agar masyarakat merasakan dampak hadirnya wahana ini, " ungkapnya.