Pesona Hidden Gems di Kota dengan Sejuta Pesona, Banjarnegara, yang Wajib Dikunjungi

Pesona Hidden Gems di Kota dengan Sejuta Pesona, Banjarnegara, yang Wajib Dikunjungi
Pesona Hidden Gems di Kota dengan Sejuta Pesona, Banjarnegara, yang Wajib Dikunjungi (Foto : Kolase Istimewa)

Antv – Indonesia memiliki keindahan alam yang sangat kaya, pesona kekayaan alamnya tidak lagi mampu dihiraukan, menakjubkan, indah dan eksotis pun tidak cukup untuk diutarakan betapa indahnya pesona dari keindahan alam Indonesia.

Negara ini tentu sangat diminati oleh turis mancanegara karena dengan kepulauan seluas 1,91 juta km² yang membentang dari Aceh hingga Papua memiliki keindahan alam yang mempesona.

Tak heran baik dari luar maupun dalam negeri ingin melihat langsung pesona keindahan yang dipersembahkan oleh negeri tercinta ini.

Banjarnegara menjadi salah satu kota yang penuh akan keindahan alamnya, kota kecil di Jawa Tengah ini menyimpan aneka wisata alam yang menakjubkan dan sangat memanjakan mata.

Keindahan alam nya yang masih sangat alami mampu menyegarkan mata bagi siapa pun yang melihatnya.

Kota yang dianugerahi dengan kekayaan alam yang tiada tara mulai dari air terjun, gua, candi hingga pegunungan cantik yang mampu memanjakan mata.

Beberapa tempat wisata yang dapat dikatakan sebagai ‘hidden gems’ Banjarnegara, seperti Sindu yang terletak di Kalibening.

Ia menghadirkan hamparan sawah yang luas dan dikelilingi pegunungan yang indah dan asri. Sinom waterfall memamerkan keindahan air terjun yang menjadi daya tarik utamanya.

Dikelilingi pepohonan hijau dan suasana sekitar yang sangat sejuk dan alami membuat pengunjung dapat menikmati pemandangan yang memukau sembari merasakan kesegaran dari air terjun ini.

Dataran tinggi biasanya identik dengan perkebunan teh. Banjarnegara juga turut memiliki wisata kebun teh yang luas dan menyegarkan, yaitu Kertosari Tea Farm.

Di tempat ini tidak hanya menyajikan pemandangan yang indah namun juga pengunjung dapat menikmati jamuan hidangan yang tersedia, seperti teh hangat maupun gorengan yang baru saja di masak sehingga memiliki cita rasa yang lezat dan bisa di nikmati sembari bercengkrama di tengah hamparan kebun teh yang luas.

Sikopel Waterfall Habadan berlokasi yang jauh dari keramaian, sehingga mampu membuatnya menjadi tempat yang pas untuk kamu yang ingin menenangkan pikiran sejenak.
Berbeda dengan curug lainnya, Sikopel waterfall juga menghadirkan pertunjukkan seni daerah setempat.

Sama hal nya seperti Kertosari Tea Farm, Sikopel juga menyediakan Sikopel Coffe Break di mana itu merupakan sebuah cafe kecil dengan aksen kayu yang berdiri di atas dataran tinggi dan cafe ini menyediakan kopi hangat dan berbagai macam cemilan yang sangat cocok dinikmati bersama udara dingin.

Selain daya tarik alam dan kebudayaan, Banjarnegara juga memiliki pasar tradisional yaitu, Pasar Rengrang Dawuhan.

Pasar tradisional ini tentulah sangat menarik untuk dikunjungi karena ia menyediakan berbagai macam khas jajanan pasar yang sulit dijumpai di kota-kota besar.

Suasana dingin dan sejuk di Banjarnegara mampu membuat pengunjung merindukan suatu kehangatan, oleh karena itu Kalianget Hot Spring hadir sebagai jawaban untuk memanjakan wisatawan yang ingin berendam dengan air hangat namun tetap merasakan betapa sejuk dan indahnya kondisi alam sekitar.

Dari semua tempat wisata yang disebut Banjarnegara juga  masih memiliki tempat yang bisa kamu kunjungi, yaitu hutan pinus yang tak kalah indah dan terletak di daerah Buaran.

Lokasi ini sangat cocok untuk diadakannya berbagai kegiatan seperti berfoto, berkemah, maupun outbond.

Selain itu, Lawe Hill juga menyediakan pemandangan yang luas dan indah dari atas pegunungan.

Tidak hanya melulu soal wisata alam, Banjarnegara juga menyediakan Tikoko Caffe and Java Culinary bagi wisatawan yang ingin menikmati maupun menyicipi hidangan khas Pulau Jawa ini.

Tidak hanya dataran tinggi nya saja yang penuh pesona, Banjarnegara juga memiliki pesona pada daratan rendah dari kota kecil ini.

Kota yang memiliki gemah ripah loh jenawi, pemilik tanah subur nan kaya akan sumber daya dan menjadi rumah bagi berbagai seni budaya.

Surya Yudha Park menjadi salah satu tempat wisata yang hadir di bagian terendah dari Banjarnegara.

Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata yang menyediakan kebutuhan liburan yang lengkap dan berda di tengah pusat kota, sehingga ia tidak pernah sepi pengunjung.

Terdapat hotel, water park, aneka ragam spot foto hingga bioskop yang di hadirkan pada tempat ini.

Selain itu, apabila wisatawan memiliki minat atau penasaran bagaimana caranya membuat kerajinan tanah liat, disini juga ada Kalmpok Ceramic Craft sebagai tempat yang dapat dituju oleh wisatawan untuk belajar membuat keramik, teko, maupun pot bunga.

Wisata alam, kebudayaan dan rekreasi sudah. Banjarnegara juga memiliki wisara religi.

Makam Girilangan, makam ini merupakan makam dari Ki Ageng Giring yang merupakan mertua dari seorang Raja Mataram.

Di tempat ini seringkali diadakan doa bersama dan juga makan bersama. Tidak hanya tempat  untuk belajar membuat kerajinan tanah liat, Batik gumelan hadir untuk wisatawan yang juga ingin merasakan, membuat, maupun mengetahui proses dari membatik.

Kebun binatang juga bisa menjadi pilihan wisata, Serulingmas Interactive Zoo.

Berbagai hewan dihadirkan di Kebun Binatang tersebut untuk menghibur pengunjung yang datang ke Serulingmas Interactive Zoo.

Selain itu, ada Tampomas. Tempat ini merupakan suatu wisata danau yang disertai dengan perahu di atasnya guna membawa pengunjung duduk manis dan menikmati keindahan Tampomas sembari bersantai di atas perahu.

Tanaman cantik yang terhampar luas di Danau ini menambah keindahan dari Tampomas itu sendiri.

Sehabis liburan tentu kita tidak lupa untuk membawakan oleh oleh untuk orang orang terdekat yang bisa kamu beli di Cassava Mocaf yang menjual makanan ringan dengan tepung berkualitas pilihan keluarga yang cocok dibawa sebagai oleh oleh khas dari Banjarnegara.

Banjarnegara menyajikan banyak pilihan wisata untuk kamu yang ingin mengunjungi banyak macam tempat dengan satu tujuan saja.

Bahkan dari wisata alam sampai religi bisa kamu dapatkan dalam satu kota.

Ayo kunjungi Banjarnegara!