Keindahan Air Terjun Sungai Bulan, Surga Tersembunyi di Tebo, Cocok Jadi Tujuan Wisata Idul Fitri

Keindahan Air Terjun Sungai Bulan, Surga Tersembunyi di Tebo
Keindahan Air Terjun Sungai Bulan, Surga Tersembunyi di Tebo (Foto : antvklik-Tarmizi)

Antv – Kabupaten Tebo dikenal dengan memiliki banyak destinasi wisata Air terjun yang patut dikunjungi. Salah satunya, air terjun sungai bulan yang berada di kawasan hutan Teman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT), di Desa Pemayungan, Kecamatan Sumay, Jambi.

Air terjun sungai bulan ini merupakan surga tersembunyi di bumi Tebo. Keindahan alam sekitar dan suara air terjun yang mengalir diantara bebatuan disana dapat menghilangkan rasa lelah setelah menempuh perjalanan jauh untuk tiba aplikasi.

Menurut warga salah satu pecinta alam  asal Kabupaten Tebo, mengaku bahwa wisata air terjun sungai bulan ini selalu dikunjungi para pencinta alam atau wisatawan lokal dan masyarakat luar saat hari lebaran dan hari-hari besar lainnya.

"Air terjun ini selalu ramai dikunjungi pada moment-moment tertentu. Seperti lebaran hari raya dan Hut RI. Para pengunjung selalu menjadikan air terjun sungai bulan ini tempat wisata bersama keluarga, teman dan pasangan," ujar Septiadi, pada Sabtu (15/4/2023).

Dirinya mengaku sering berulang kali kesana untuk menikmati keindahan alam yang asri tersebut. Bahkan, dirinya bersama teman yang lain pernah menginap di dalam hutan pada waktu hari libur kerja.

"Kami juga sering tidur disana, kan sayang suasana alam yang begitu indah tidak dinikmati," sebutnya.

Dikatakannya juga bahwa, air terjun ini dikawasan hutan penyangga alam bukit tigapuluh ini pernah masuk dalam 5 besar Akademi Pesona Indonesia (API) pada tahun 2022 kategori Surga yang tersembunyi.

"Alhamdulillah salah satu destinasi wisata air terjun masuk dalam API kategori surga tersembunyi," tutupnya.

Jarak lokasi wisata air terjun di Desa Pemayungan ini, diperkirakan hanya sekitar 19 kilometer dari ibu kota Kecamatan dan 40 Kilometer dari ibu kota Kabupaten Tebo.

Bagi masyarakat yang akan pergi bisa menggunakan mobil maupun kendaraan roda dua. Namun, untuk ke lokasi harus berjalan kaki kurang lebih satu jam.

Wisata Air Terjun Sungai Bulan di Kabupaten Tebo pernah masuk nominasi kategori “Surga Tersembunyi” dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award tahun 2022.

Kepala Bidang Pariwisata Tebo Ikhsan saat itu mengatakan, Air Terjun Sungai Bulan adalah hulunya Sungai Bulan dalam kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) yang selama ini masih belum begitu populer.