Rekor Box office 2024 Film Bollywood Bergerak Sangat Lambat, Momen Idul Fitri Malah Tambah Sengsara

Rekor Box office 2024 Film Bollywood Bergerak Sangat Lambat, Momen Idul Fitri Malah Tambah Sengsara
Rekor Box office 2024 Film Bollywood Bergerak Sangat Lambat, Momen Idul Fitri Malah Tambah Sengsara (Foto : Kolase Istimewa)

Antv – Setelah tahun 2023 yang penuh dengan kejayaan, dengan sederet film-film yang sukses meraih rekor box office, Bollywood kembali mengalami kemerosotan pada tahun 2024.

Meskipun ada harapan yang tinggi untuk tahun baru, kuartal pertama telah terbukti tidak bersemangat, termasuk Idul Fitri yang membosankan.

Tahun ini dimulai dengan film 'Fighter' dan 'Shaitaan' yang menuai pujian. Sementara film yang dibintangi oleh Kareena Kapoor, Tabu dan Kriti Sanon, 'Crew' juga muncul sebagai film yang sukses.

Namun drama-drama berbiaya besar mengalami penurunan. Lihatlah rapor kuartal pertama tahun 2024.

10 peraih tiket terbanyak teratas pada tahun 2024 (India Hindi Net) adalah sebagai berikut:

1. Fighter - Rs 212.79 crore
2. Shaitaan - Rs 145.67 crore
3. Teri Baaton Mein Aisa Uljha Jiya - Rs 85.09 crore
4. Pasal 370 - Rs 77,97 crore
5. Kru - Rs 71,87 crore
6. Hanuman - Rs 52,29 crore
7. Bade Miyan Chote Miyan - Rs 49,2 crore
8. Yodha - Rs 35,46 crore
9. Maidaan - Rs 28,19 crore
10. Madgaon Express - Rs 27.65 crore

Menyusul kesuksesan akhir pekan Hari Republik dari 'Fighter', antisipasi telah melonjak untuk film-film yang dirilis pada hari raya Idul Fitri.

Semua mata tertuju pada dua film besar: 'Bade Miyan Chote Miyan', yang dibintangi oleh Akshay Kumar dan Tiger Shroff.

Film biografi olahraga yang telah lama tertunda, 'Maidaan', yang dibintangi oleh Ajay Devgn, juga termasuk yang dinantikan oleh para penggemar.

Namun, pembukaan box office yang mengecewakan untuk kedua film tersebut membawa sorotan kembali pada kualitas konten, anggaran yang kurang dan strategi perilisan.

Sementara 'Bade Miyan Chote Miyan' dibuka hanya dengan Rs 15.65 crore, 'Maidaan' mendapatkan Rs 4.5 crore yang mengecewakan.

Film yang disutradarai oleh Ali Abbas Zafar ini berhasil menembus angka 50 crore setelah delapan hari penayangannya.

Film Ajay Devgn mengalami kemajuan yang lambat, menghasilkan Rs 28.25 crore dalam kurun waktu yang sama. Menariknya, Eid 2023 juga merupakan film dengan pendapatan yang rendah.

Salman Khan telah melakukan semua yang ia bisa dengan kejutan Idul Fitri dari 'Kisi Ka Bhai Kisi Ki Jaan', yang hanya menghasilkan Rs 13.5 crore pada hari pembukaannya.

Film multi-bintang ini mengakhiri penayangan domestiknya dengan Rs 110 crore, jauh di belakang film laris Salman, Tiger 3.

Apakah Idul Fitri kehilangan kemilau box office yang meriah?

Di luar bentrokan tersebut, angka-angka ini membuat kami bertanya-tanya apakah Idul Fitri kehilangan kemilaunya?

"Sebuah festival tidak pernah kehilangan kemilaunya, ini selalu tentang film yang bagus. Seseorang akan mendapatkan Idul Fitri, Diwali atau Natal... tetapi hal ini sangat bergantung pada ceritanya. Jika filmnya bagus maka akan ada dampaknya. Hal ini selalu bergantung pada filmnya dan bukan pada para bintangnya. Ada beberapa contoh dari film-film yang gagal pada hari Diwali, dan film-film lain yang sukses pada hari Idul Fitri. Jika filmnya bagus maka publik akan mengikuti. Tetapi tidak apa-apa... hal itu terjadi," Ramesh Taurani, seorang produser film Bollywood.

Pada akhirnya, semuanya bermuara pada konten, peserta pameran Akshaye Rathie menegaskan, "FOMO yang serius seputar konsumsi adalah hal yang kita lewatkan tahun ini. Kami telah memiliki cukup banyak skenario di masa lalu di mana Idul Fitri telah benar-benar balistik, tetapi kami hanya perlu menyediakan jenis konten yang tepat untuk suasana hati bangsa pada saat itu, dan selama kami dapat melakukannya dengan penghibur massal yang solid, ini adalah hari libur yang akan selalu terus diperhitungkan."

Harga tiket yang tinggi, pemasaran yang buruk yang harus disalahkan?

Hal ini menimbulkan pertanyaan: Apakah Bollywood gagal untuk memberikan apa yang ingin dilihat oleh para penonton?

Jika bukan karena kontennya, lalu di mana tepatnya letak kegagalan dari industri ini?

Analis perdagangan, Atul Mohan mempertanyakan konten, "Musim perayaan dulunya merupakan jaminan kemenangan untuk rilis film, tetapi ekspektasi penonton belum meredup - kualitas film telah gagal. Jika para penonton bersedia untuk menonton film laris yang tidak meriah, mengapa mereka tidak mau menonton film liburan dengan insentif tambahan berupa tamasya keluarga?"

Ia juga menambahkan perspektif yang menarik, "Jawabannya terletak pada pemasaran. Promosi yang buruk telah gagal menghasilkan kegembiraan atau antisipasi. Keberhasilan atau kegagalan akan datang kemudian, tetapi pertama-tama Anda harus membuat orang duduk di kursi. Kali ini, para aktor dan tim pemasaran belum berhasil. Selain itu, jangan lupakan persepsi yang masih ada bahwa tiket bioskop itu mahal."

TOP 10 film Bollywood yang dirilis pada hari raya Idul Fitri!

Repertoar Salman Khan membanggakan beberapa film laris Idul Fitri terbesar seperti 'Bajrangi Bhaijaan', 'Bodyguard, 'Sultan' dan 'Dabangg'.

Sementara 'Chennai Express' dan 'Bhool Bhulaiyaa' juga telah unggul dalam perayaan yang sama.

Berikut rilis-rilis Idul Fitri terbesar dari Bollywood:

1. Bharat (2019) - 42.30 Cr. sekitar.
2. 2. Race 3 (2018) - 38.15 Cr. sekitar.
3. 3. Sultan (2016) - 37.30 Cr. kira-kira.
4. Bajrangi Bhaijaan (2015) - 36.60 Cr. kira-kira.
5. Chennai Express (2023) - 33.10 Cr. kira-kira.
6. Ek Tha Tiger (2012) - 32.90 Cr. sekitar.
7. Kick (2014) - 28.90 Cr. sekitar.
8. Kisi Ka Bhai Kisi Ki Jaan (2023) - 25.75 Cr. sekitar.
9. Bodyguard (2011) - 21.60 Cr. sekitar.
10. 10. Tubelight (2017) - 19.10 Cr. kira-kira.

Eid 2025 sudah dipesan!

Salman Khan mungkin telah melewatkan hari raya bersama para penggemarnya tahun ini, tetapi ia tidak akan kehilangan kesempatan pada tahun 2025.

Aktor ini telah memesan Eid 2025, untuk film berikutnya 'Sikandar', yang akan disutradarai oleh AR Murugadoss.

Salman Khan telah siap untuk memulai pengambilan gambar untuk film ini pada bulan Mei dan Pritam telah digaet untuk menyediakan musik untuk film penuh aksi ini, yang akan menikmati sebuah perilisan solo yang megah.

Para penggemar berharap untuk sebuah Idul Fitri yang cerah dan sebuah rapor yang menjanjikan untuk Bollywood di masa depan!

Taapsee Pannu memuji film 'Maidaan' dari Ajay Devgn dan secara tidak langsung mengutuk respon box office yang membosankan, 'Maka Jangan Katakan Film-Film Besar Kita Kurang Berjiwa'