Cara Baca Manga untuk Pemula dan Rekomendasi Bacaan Seru!

Ilustrasi manga
Ilustrasi manga (Foto : Pixabay/ willianfujii)

Antv – Baca manga merupakan sesuatu hal yang menyenangkan untuk menemani waktu luang, terlebih bagi kamu yang suka membaca tentunya. Manga sendiri adalah sebuah komik Jepang yang tentu memiliki perbedaan dengan jenis komik yang lainnya.

Tak hanya itu, manga juga mempunyai fungsi untuk meningkatkan daya ingat dan latihan tentang berpikir kritis untuk menghadapi situasi yang terjadi.

 

Di mana, dalam baca manga ini kamu diharuskan untuk terbiasa dengan unsur panel yang tepat, arah baca, dan pemahaman emosi karakter dalam cerita.

Maka, untuk kamu yang masih pemula dan ingin membaca manga tapi sedikit kesulitan akan pemahamannya tersebut. Mari simak ulasannya di bawah ini seperti yang telah dihimpun dari berbagai sumber.

Cara Baca Manga

Kenali Jenis Manga

img_title
Ilustrasi manga. (Foto: Freepik)

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk baca manga yakni dengan mengenali dulu tentang jenis-jenis dari manga itu sendiri terlebih dahulu. Sebab, dalam manga ini memiliki 5 jenis utama, yakni Seinen, Shojo, Josei, Shonen, dan Kodomo.

Sementara itu, untuk pengertiannya yakni jika Sheinen itu diperuntukan untuk pria, Josei untuk wanita, Shojo untuk anak perempuan, Shono teruntuk laki-laki, dan Kodomo khusus teruntuk anak-anak.

Jika kamu sudah memahami dan mengenali tentang genre pada baca manga ini, maka kamu pun setidaknya akan paham tentang jenisnya terlebih dahulu. Genre dari manga ini tentu memiliki banyak jenisnya, mulai dari misteri, aksi, komedi, petualangan, percintaan, sains, mecha, dan yang lainnya.

Saat kamu tahu tentang jenis bacaan manga tersebut, maka diharapkan pembaca pun tahu dan bisa menyesuaikan bacaan dengan yang diinginkan. Tak hanya itu, manga sendiri terkadang telah ada yang berjalan, kamu pun dapat membacanya dari seri awal.

Sebab seperti yang diketahui, jika membaca manga ini mempunyai cerita bersambung. Di manga sendiri akan terbagi ke dalam beberapa jilid yang dicetak pada sampul buku. Meski demikian, saat ini kemudahan kian didapat oleh para pembaca, sebab kamu dapat baca manga ini secara online.

Baca Manga Secara Berurut

img_title
Ilustrasi baca manga. (Foto: IntipSeleb)

Bagi kamu yang ingin membaca manga, hal berikutnya yang bisa kamu lakukan terkhusus bagi kamu yang pemula, yakni dengan memahami urutan bacanya.

Kamu bisa memulainya dari halaman sebelah kanan yang kemudian berlanjut ke sebelah kiri. Mulai juga dengan membacanya dari sisi buku yang telah memuat judul manga, nama penulis, serta edisi manga tersebut.

Baca manga tersebut dari panel kanan ke arah kiri serta dari atas ke bawah. Seperti halaman manga, sebaliknya bahwa panel individual ini dibaca dari kanan ke kiri. Mulailah membaca dari halaman panel yang terletak pada bagian atas halaman.

Lalu, kamu bisa membacanya dari panel kanan ke kiri. Jika kamu telah membaca sampai ujung kiri halaman, kamu pun bisa membaca panel yang berada pada bagian ujung kanan baris panel yang berikutnya.

Namun, jika panel yang akan kamu baca tersusun secara vertikal, maka kamu pun bisa baca panel ini yang dimulai dari arah paling atas. Lalu, jika baris panel tak tersusun dengan sempurna, kamu bisa membaca manga tersebut dari arah kanan ke bagian kiri.

Kamu bisa mulai baca manga ini yang dimulai dari baris atau kolom yang paling tinggi terlebih dahulu, setelah itu dilanjutkan dengan membaca dari arah kanan ke bagian kiri, hingga menuju pada baris atau kolom yang paling rendah.

Sebelumnya perlu kamu ketahui, jika latar panel yang berwarna hitam menandakan kalau panel tersebut bercerita tentang sorot balik.

Sementara itu, saat panel manga mempunyai latar yang berwarna hitam, hal itu bisa menandakan jika kejadian yang tengah digambarkan dalam panel terjadi sebelum cerita yang ada di manga. Latar hitam tersebut pun menandakan sorot balik kepada kejadian yang tengah terjadi atau waktu yang sebelumnya.

Perlu diketahui, jika ada latar yang tampak memudar itu menandakan sebuah transisi akan kisah masa lalu yang menuju waktu yang sekarang. Pergantian waktu di masa lalu yang berisi panel hitam ini menuju masa sekarang atau panel putih.

Kenali Emosi dari Setiap Karakter 

img_title
Ilustrasi manga. (Foto: IntipSeleb)

Agar saat membaca terasa tentang feel-nya, maka kamu pun bisa memahami tentang emosi dari masing-masing karakter yang ada pada manga.

Sebelumnya perlu kamu ketahui, jika gelembung desah itu menandakan sebuah kelegaan atau kekesalan yang tengah dirasakan oleh masing-masing karakter. Maka, kamu pun bisa memahami setiap karakter tersebut, mulai dari garis-garis yang Digambar di wajah karakter (menandakan dia tengah tersipu malu).

Lalu, tak sedikit pula karakter yang tampil akan terlihat seperti mimisan, hal itu pun memiliki artinya yang menandakan jika pikiran dari karakter itu penuh akan nafsu. Sementara itu, jika melihat titik air, maka itu menandakan ia tengah merasa malu.

Selain itu, biasanya aka nada sebuah bayangan yang terletak pada wajah serta aura gelap yang tepat berada di sekeliling karakter, hal itu menandakan jika ia tengah marah, kesal, atau merasa kesedihan.

Rekomendasi Bacaan Manga Seru

img_title
Ilustrasi manga. (Foto: Wikipedia)

One Piece

One Piece merupakan manga yang rasanya sangat wajib untuk kamu baca, khususnya untuk kamu yang kini masih pemula. Kisahnya sangat seru dengan menampilkan Luffy yang memiliki tubuh melar karena tidak sengaja memakan buah iblis. 

Selain memakan buah, ia dan kawanan bajak laut topi Jerami ini memang dapat jadi bahan bacaan yang sangat seru untuk mengisi dan menemani waktu luang kamu. 

Last Game

Last Game ini mengisahkan tentang Naoto Yanagi yang seorang pewaris bisnis Yanagi. Ia merupakan orang yang kaya, atletis, tampan, pintar, dan segala hal yang baik ada pada dirinya.

Namun, tiba pada suatu ketika saat ia tengah berada di sekolahnya yang kedatangan murid baru yang bernama Mikoto Kujou. Yakni seorang siswa polos serta suram, hal itu karena status keuangannya yang kurang, Noto pun awalnya bersikap apatis pada Mikoto.

Akan tetapi, meski baru saja tiba di sekolahnya tersebut, ia pun benar-benar melampaui dalam segala hal secara konsisten untuk mendapatkan nilai tertinggi dalam ujian dan bisa menempati posisi pertama dalam bidang atletik. 

Itulah sederet informasi mengenai baca manga yang kiranya perlu ketahui, terkhusus bagi kamu yang masih pemula. Tak hanya itu, dua rekomendasi manga di atas tersebut pun bisa kamu tonton dengan kisah yang sangat seru dan mengasyikan.