Amitabh Bachchan Akan Memerankan Karakter Ashwatthama, Putra Dronacharya di Film 'Kalki 2898 AD'

Amitabh Bachchan Akan Memerankan Karakter Ashwatthama, Putra Dronacharya di Film 'Kalki 2898AD'
Amitabh Bachchan Akan Memerankan Karakter Ashwatthama, Putra Dronacharya di Film 'Kalki 2898AD' (Foto : Kolase Istimewa)

Antv – Legenda hidup Bollywood, Amitabh Bachchan, akan memerankan karakter Ashwatthama, putra Dronacharya, dalam film terbarunya yang berjudul 'Kalki 2898 AD'.

Dalam sebuah video yang dirilis pada hari Minggu (21/4/2024), Amitabh tampil dengan perban di tubuhnya dan sebuah permata yang bersinar di dahinya.

Seorang anak kecil dalam video tersebut bertanya kepada Amitabh tentang siapa dirinya, apakah ia seorang dewa, dan apakah ia bisa mati.

Amitabh kemudian memperkenalkan dirinya: "Dwapar yug se Dash avatar ki pratiksha kar raha hoon main, Dronacharya ka putra Ashwatthama. Saya telah menunggu inkarnasi ke-10 sejak Dwapar Yug. Saya adalah putra Dronacharya, Ashwatthama."

Penampilan pertama Amitabh telah memberikan sorotan pada sosok legendaris Ashwatthama.

Dalam 'Kalki 2898 AD', yang mengambil inspirasi dari kisah Mahabharata, tetapi berlatar belakang dunia masa depan, sehingga Ashwatthama digambarkan secara berbeda.

Tetapi siapakah sebenarnya Ashwatthama, dan peran apa yang ia mainkan dalam epos mitologi Hindu Mahabharata?

Ashwatthama, tokoh yang membunuh kelima putra Pandawa

Menurut mitologi, selama pertempuran Kurukshetra, Ashwatthama menjadi sangat marah dan sedih ketika dia mengetahui bahwa Dewa Krishna dan para Pandawa telah menipu ayahnya, Drona, dengan mengumumkan kematiannya secara palsu dan kemudian membunuhnya di medan perang.

Dalam kemarahannya, Ashwatthama menyelinap ke dalam perkemahan Pandawa pada malam ke-10 pertempuran dan membunuh lima anak Draupadi.

Dikatakan bahwa Arjuna dan Dewa Krishna sangat marah dengan tindakan ini dan menyerang Ashwatthama.

Baik Arjuna dan Ashwatthama menggunakan senjata-senjata yang kuat yang memiliki potensi untuk menghancurkan dunia.

Para dewa turun tangan dan meminta mereka untuk menarik senjata mereka. Sementara Arjuna berhasil melakukannya, Ashwatthama tidak tahu bagaimana caranya.

Ia diyakini telah mengarahkan senjatanya ke arah rahim Uttara, yang mengandung anak Abimanyu yang belum lahir, dalam upaya untuk mengakhiri garis keturunan Pandawa.

Misteri Permata yang bersinar di dahi Ashwatthama

Ashwatthama memiliki mani (permata) di dahinya sejak lahir, yang dianggap dapat melindunginya dari rasa lapar, haus, dan kelelahan.

Setelah serangannya terhadap putra-putra Pandawa dan bayi yang belum lahir dari Abimanyu, Dewa Krishna meminta Ashwatthama untuk menyerahkan permata tersebut, yang mengakibatkan bekas luka yang menonjol di dahinya.

Apakah Ashwatthama masih hidup?

Legenda mengatakan bahwa Ashwatthama dikutuk untuk berkeliaran di bumi sebagai konsekuensi dari tindakannya.

Meskipun tidak ada bukti tentang keberadaannya, banyak orang percaya bahwa ia masih menanggung hukumannya di Bumi.


Film 'Kalki 2989 AD' menampilkan Prabhas, Amitabh Bachchan, Kamal Haasan, Deepika Padukone, dan Disha Patani dalam peran-peran penting.

Selama acara Synapse 2024 di Gurgaon, Nag Ashwin mengumumkan bahwa cerita film ini akan dimulai dengan era Mahabharata.