WANTED! Bunda Corla, Sang Bandit Gaul

WANTED! Bunda Corla, Sang Bandit Gaul
WANTED! Bunda Corla, Sang Bandit Gaul (Foto : Kolase)

Antv – Bicara semaunya. Bergaya sesukannyaMengumpat seceplosnya. Berpendapat seenaknya. Bernyanyi dan bergoyang  seasiknya.

Dialah Cynthia Corla Pricillia, wanita single paruh baya yang minta dipanggil Bunda Corla. Yang saat ini bikin live-Instagram-nya selalu dinanti ratusan ribu netizen Indonesia. Trending!

Dari nama lengkapnya saja, Bunda Corla sudah megang. Kebule-bulean dan terdengar gaul. Apalagi dia punya sisa-sisa kecantikan sebagai seorang perempuan berumur.

Bisa dilihat dari garis wajah, irisan bibir, bentuk hidung, kening dan dagu. Ditambah, bentuk badanya yang masih aduhai untuk ukuran usia 48 tahun.

Live-IG-nya dari Jerman. Setiap Bunda Corla live out door, panorama kota Hamburg tempat tinggalnya menjadi nuansa hiburan tersendiri. Bagi kebanyakan viwer-nya yang punya mimpi jalan-jalan ke Eropa. Segar di mata.

Tiga kali penulis sempat menyimak live-IG-nya dan mengintip berbagai video pendeknya di banyak platform sosmed, terkesan memang Bunda Corla sangat beda. Out of the box. Caranya menghibur liar tapi menyenangkan.

Namun, kalau Anda tak open minded alias close minded, jangan coba-coba menyimak live-IG-nya. Bahaya. Yang ada  nanti Anda bisa nyerocos menyaingi Bunda Corla kalau sudah ngomel dan cuap-cuap. Tapi sendiri, tanpa dipedulikan orang seperti Bunda Corla.

Awalnya mungkin Anda akan tertawa dan senyam-senyum melihat keluwesan dan kejenakaan gayanya. Ditambah, menyimak caranya bicara yang nyerocos-merepet mengalahkan kecepatan mencret orang mules. Sangat cair dan cepat.

Tapi begitu Bunda Corla sudah mengumpat dengan membawa nama binatang yang diharamkan dan menyebut kata-kata bernuansa sex, disela-sela omongannya yang kadang tanpa diayak, Anda akan risih dan merasa aneh.

Apalagi jika Anda sempat melihat Bunda Corla bergoyang-berjoget sambil merokok dan menyeduh kopi,  diiringi lagu dangdut favoritnya berjudul Hamil Duluan atau No Comment milik artis Tuti Wibowo; ditingkahi dengan menurunkan sedikit celana dibagian  pinggang, lalu mengangkat kaos yang dikenakannya di bagian perut; sehingga memperlihatkan puser dan perutnya yang masih rata, Anda yang close minded dan puritan dalam memegang nilai-nilai moral pergaulan, pasti akan geleng-geleng kepala.

Tapi begitulah cara Bunda Corla tampil  menghibur. Membagi kebebasan, kesenangan dan kemasabodoan hidupnya kepada penontonnya. Sebuah tontonan cuap-cuap monolog yang bernuansa cerita ngalor-ngidul berpenyedap keliaran gaya dan makian sebagai punchline.

Dalam berkata-kata dan bertingkah, Bunda Corla seolah tanpa beban. Seolah tidak punya aturan. Terkesan, baginya semua masalah hidup bisa diselesaikan dengan mudah lewat sikap masabodo yang dibalut kepercayaan diri untuk selalu gembira.

Dalam live-IG-nya juga, Bunda Corla terkesan punya pribadi swing mood. Suasana hati dan omongannya suka berubah-ubah.

Misal, Bunda Corla yang sedang menunjukan kesenangannya, tiba-tiba  bersedih, menangis dan murung saat di otaknya terlintas kegetiran pengalaman hidupnya atau hidup orang lain.

Begitupun sebaliknya. Bisa-bisanya dia lantas nyengir ketawa padahal sedang cerita sedih atau marah. Rem perasaan dan bacotnya pakem banget dalam bermanuver, menyelisihi antara topik pembicaraan dan suasana hatinya.

Intinya, tidak melulu energi kebahagian dan kelucuan yang dia tularkan. Campur aduk. Dan nyatanya mood seperti itulah yang membuat viewersnya penasaran dan terjaga. Menunggu setiap detik. Apalagi kira-kira tingkah laku, cerita dan omongan yang keluar dari mulutnya, yang bikin ketawa, senyum dan ngakak.

Kadang dia berpenampilan rapih, kadang hanya berpakaian seadanya dan kadang berpakaian habis bangun tidur. Pernah dia  tampil berhijab, macam hijab perempuan Iran. Bercerita tentang kesedihan orang lain yang membuatnya menangis. Lalu tiba-tiba dari jendela kamarnya ada lelaki botak melintas. Seketika dia komentari secara jenaka. Kesedihannya hilang seketika, tapi kemudian balik menangis lagi.

Bunda Corla suka memotivasi orang untuk selalu semangat, percaya diri, dan tangguh. Khususnya kepada kaum perempuan dan orang yang sedang putus asa.

"Jangan dendam kau, jangan pelihara dendam. Gak baik. Itu perangai setan yang dendam sama adam. Yang punya dendam itu bukan anak Bunda." Katanya di salah satu live-nya. Dengan gaya bicara beraksen campuran dialek anak Medan dan anak Jakarta yang menjadi ciri khas Bunda Corla.  

Banyak sumber menyebutkan, Bunda Corla pernah jadi model video clip dan figuran beberapa  program entertaimen ketika dia masih Indonesia. Dia bersahabat dengan almarhum Olga Syahputra dan pernah gaul dengan beberapa artis kenamaan tanah air lainnya yang segenarasi dengan Olga.

Mak Vera, mantan manager Olga, bercerita di kanal youtube Transvision, tentang kedekatan Bunda Corla dengan almarhum Olga Syahputra, bahwa Bunda Corla orangnya baik banget, orang yang seru dan cantik. Kemana-mana sering bersama Olga. Dan Bunda Corla pun mengakui dia memang berteman dekat dengan Olga.

Bunda Corla saat ini tinggal di Hamburg,  Jerman. Dia melalang buana ke Eropa karena sempat menikah dengan pria Prancis yang kaya raya. Sudah 20 tahunan dia mengaku merambah di Eropa.  

Kegemarannya live-IG disinyalir sudah lama, tapi baru belakangan mulai menghebohkan publik hiburan tanah air.

Saat ini, dia dicari! Dirindukan. Dinanti untuk pulang ke Indonesia menjadi selebriti sesungguhnya oleh penggemarnya.

Banyak selebritis papan atas yang siap colabs menyambutnya. Banyak stasiun TV dan film yang siap menyodorkan kontrak program untuknya.

Tapi Bunda Corla sepertinya punya sikap yang tidak dimiliki oleh kebanyakan orang, khususnya selebritis tanah air.

Sikap masa bodo terhadap kesenangan hidup, popularitas dan uang, yang menurutnya sudah cukup bagi dirinya. Karena dia pernah merasakan semua itu.

Terbukti, dia tak mau di endorse. Tak mau dilabeli iklan produk. Tak ingin segera menjumpai penggemarnya di tanah air.  

Dia ingin hidupnya bersahaja saja, walau hanya sebagai pramusaji Mc Donald di Jerman dan sibuk live-IG menyapa orang yang menyukainya.

Bunda Corla juga mengaku tidak ingin menyusahkan orang lain, tapi ingin selalu menyenangkan orang lain. Dia sangat peduli orang susah. Air matanya cetek  untuk itu.

Uang hampir 1M yang ia dapat dari para celebritis penggemarnya, karena aksinya challenge di IG, tak membuatnya jumawa. Justru uang itu akan dia berikan kepada orang lain yang membutuhkannya. Diantara untuk anak-anak para penghapal Al Qur'an yang dia sayang dan kagumi.

Bandit! Itu sebuah kata yang sering Bunda Corla lontarkan jika sangat menyukai sesuatu. Sebuah ungkapan kegemasan dan kesenangan yang hiperbol. Bukan ungkapan yang mengarah menjadi  umpatan negatif. Seperti arti kata bandit yang berarti penjahat di film-film cowboy.

Sering bilang bandit bagi Bunda Corla adalah ungkapan kebahagian. Ungkapan rasa suka yang teramat sangat.

Karenanya, penulis menjuluki Bunda Corla adalah Bandit Gaul. Bandit yang dengan sayap pergaulannya yang lebar dan luas sampai Eropa, pelan-pelan menyingkap  wajah asli dunia gaul yang kental hedonisme dan  kemunafikan. Bandit yang tidak buron dan justru dicari orang untuk dipeluk.*
Tabik.

Yusuf Ibrahim - Wapemred ANTV