PB Perpani Selenggarakan Kualifikasi PON XII Aceh dan Kejurnas Barebow

Babak Kualifikasi PON XXI di Aceh, Sumatera Utara
Babak Kualifikasi PON XXI di Aceh, Sumatera Utara (Foto : Dok. PB Perpani)

Antv – Sebanyak 585 atlet panahan dari 35 Provinsi di Indonesia siap memperebutkan tiket cabang olahraga (cabor) panahan menyusul diselenggarakannya Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh, Sumatera Utara.

Di samping Babak Kualifikasi PON XXI, ajang tersebut juga mempertandingkan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Barebow, yang diikuti oleh 133 atlet barebower dari seluruh Indonesia. 

Kedua kejuaran tersebut berlangsung di Stadion GOR Pajajaran, Bogor, Jawa Barat. Babak Kualifikasi PON XXI Aceh, Sumatera Utara berlangsung dari 18 – 24 November 2023, sedangkan Kejurnas Barebow berlangsung dari 25 – 27 November 2023.

Kejuaraan cabor panahan tersebut dibuka langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, didampingi oleh Presiden NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, Wakil Ketua Umum I PB Perpani Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan, Bendahara Umum PB Perpani Irawadi Hanafi, dan Ketua Panitia sekaligus Waketum II Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Perpani Abdul Razak, di Stadion GOR Pajajaran, Bogor, pada Sabtu, 18 November 2023.

img_title
Menpora Dito Ariotedjo di Babak Kualifikasi PON XXI. (Foto: Dok. PB Perpani)

Pada tempat terpisah, Ketua Umum PB Perpani Arsjad Rasjid mengatakan, rangkaian pertandingan cabor panahan, baik Kualifikasi PON XXI Aceh, Sumatera Utara maupun Kejurnas Barebow merupakan bagian dari pembinaan dan pengembangan prestasi berjenjang, terutama dalam menjaring bibit atlet muda, berbakat, dan berprestasi untuk tujuan jangka panjang. 

Untuk Barebow, momen Kejurnas tersebut menjadi langkah awal yang strategis untuk membawa Barebow dapat berkiprah di kancah pertandingan resmi nasional seperti PON maupun untuk kawasan regional ke depan.