Luar Biasa! Atlet menembak Fathur Gustafian Sukses Amankan Tiket ke Olimpiade Paris 2024

Luar Biasa! Atlet menembak Fathur Gustafian Sukses Amankan Tiket ke Olimpiade Paris 2024
Luar Biasa! Atlet menembak Fathur Gustafian Sukses Amankan Tiket ke Olimpiade Paris 2024 (Foto : Dok. PB Perbakin)

Antv – Luar biasa! Fathur Gustafian meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024 setelah berhasil finis di peringkat empat dalam final nomor 10 meter Air Rifle Putra di Kejuaraan Senapan/Pistol Asia 2024 di Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Ini membuatnya menjadi atlet menembak Indonesia pertama yang akan berlaga di Olimpiade Paris bulan Juli nanti. Selamat untuk pencapaian gemilangnya!

"Hari ini luar biasa bagi saya, di luar ekspektasi. Saya sebenarnya masih ada peluang besok, cuma hari ini alhamdulillah sudah dikasih rezeki, dikasih tiket untuk berangkat Olimpiade," kata Fathur saat ditemui seusai final di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Rabu.

Di babak final nomor 10 meter Air Rifle Putra senior Asian Rifle/Pistol Championship 2024, Fathur sempat memimpin pertandingan setelah lima kali tembakan dengan skor 52,5, mengalahkan wakil India Arjun Babuta yang mengumpulkan skor 52,4 dan wakil China Shihan Ma yang memperoleh skor 52.

Selama pertandingan, Fathur bersaing sengit dengan wakil-wakil negara lain. Ia pun finis di posisi empat dengan mengumpulkan skor 208,3.

Adapun atlet yang meraih emas adalah Shihan Ma dari China yang mengumpulkan 230,2 poin, peraih perak Cho Dae-han dari Korea Selatan yang meraih poin 229,9 poin, sedangkan peraih perunggu adalah Rudrankksh Patil dari India yang mengumpulkan 228,7 poin.

Cho Dae-han dan Fathur berkesempatan melaju ke Olimpiade Paris sebab China telah memenuhi kuota dengan mengamankan tiket lebih dulu melalui Sheng Lihao di World Rifle & Pistol Championship 2022 dan Yang Haoran di World Championship 2023.

Kemudian peraih perunggu, Rudrankksh Patil, juga telah mengamankan tiket Olimpiade Paris di ajang World Rifle & Pistol Championship 2022.

Oleh karena itu, dua tiket ke Paris 2024 nomor  10m air rifle putra diwariskan ke wakil Korsel dan Indonesia tersebut.

Asian Rifle/Pistol Championship 2024 yang berlangsung hingga 18 Januari. Terdapat delapan nomor pertandingan yang masing-masing memiliki dua kuota untuk Olimpiade Paris 2024.

Kedelapan nomor permainan tersebut yakni 10 meter (m) Air Rifle Men, 10m Air Pistol Men, 50m Rifle 3 Positions Men, Rapid Fire Pistol Men, 10m Air Rifle Women, 10m Air Pistol Women, 50m Rifle 3 Positions Women, serta 25m Pistol Women.

Selain Fathur, lima atlet Indonesia telah lebih dulu mengamankan tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Mereka adalah Arif Dwi Pangestu (panahan), Diananda Choirunisa (panahan), Rifda Irfanaluthfi (senam), Desak Made Rita Kusuma Dewi (panjat tebing) dan Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing).