Asian Para Games 2022: Kalahkan Pasangan Korsel, Para-Panahan Sabet Perunggu

Wahyu Retno Wulandari dan Mahda Aulia
Wahyu Retno Wulandari dan Mahda Aulia (Foto : Dok. NPC Indonesia)

Antv – Tim para-panahan Indonesia berhasil mempersembahkan medali pertama di Asian Para Games 2022 Hangzhou. Medali perunggu pertama itu dihasilkan tim para-panahan Indonesia di nomor double recurve putri.

Wahyu Retno Wulandari dan Mahda Aulia yang menjadi Srikandi Indonesia dalam laga melawan tim pasangan Korea Selatan, Jang Gyeongsuk dan Jo Jangmoon. Dalam pertandingan lima seri yang di gelar di Fuyang Yinhu Sport Centre, pada Rabu, 25 Oktober 2023. Wulandari dan Mahda mampu mengungguli tim Korea Selatan dengan skor akhir 5-4.

Awalnya tim Korea Selatan sempat memimpin, namun dua srikandi Indonesia itu mampu mengungguli nilai tembakan dengan nilai poin yang terpaut jauh dengan lawan.

“Di awal lomba kami sempat tertinggal dalam pengumpulan skor karena nervous. Kemudian kami berpikir apa yang sudah dilewati, latihan beberapa tahun terakhir kami terapkan di sini. Alhamdulillah, kami bisa bangkit dan memberi tekanan kepada lawan sehingga sedikit menyusul skor mereka,” ungkap Wulandari, usai perlombaan dengan mata yang berkaca-kaca. 

Laga ini merupakan pertemuan pertama antara Wulan/Mahda melawan Jang/Jo. Wulan/Mahda sempat gentar ketika melihat skor tinggi pasangan Korea Selatan itu di babak semifinal. Namun dalam laga perebutan perunggu, Wulan/Mahda tampil percaya diri. 

“Ini pertama kalinya kami bertemu Korea. Jujur kita sempat grogi karena melihat kemari tembakannya sangat-sangat bagus di semifinal, tapi kita harus yakin sama diri kita,” ucap Wulandari.

Sementara itu pelatih para-panahan, Idya Putra Harjianto mengapresiasi perjuangan anak asuhnya dalam memperebutkan medali. Idya mengungkapkan perolehan medali perunggu ini menjadi harapan baru untuk tim para-panahan Indonesia.