Kalah Lewat Perpanjangan Waktu, Timnas Indonesia U-24 Dipastikan Gugur dari Asian Games 2023

Timnas Indonesia U-24
Timnas Indonesia U-24 (Foto : NOC Indonesia/Naif Al'as)

Antv – Timnas Indonesia U-24 dipaksa gugur usai menelan kekalahan dari Uzbekistan di babak 16 besar Asian Games 2023 yang berlangsung pada Kamis, 28 September 2023 sore. Garuda Muda harus mengakui keunggulan 2-0 Uzbekistan lewat babak perpanjangan waktu.

Garuda Muda sudah mendapatkan tekanan sejak awal pertandingan dimulai. Uzbekistan langsung mendapatkan peluang pada menit pertama, beruntung tendangan Husein berhasil di blok Ridho.

Timnas Indonesia U-24 baru mencoba keluar dari tekanan pada menit ke 30 melalui serangan yang dibangun Egy Maulana Vikri hingga Ramadhan Sananta.

Namun Uzbekistan tetap memberikan ancaman. Mereka kembali mengancam pada menit ke-42 melalui Jasurbek Jalolidinov melepaskan tembakan jarak jauh yang masih bisa ditepis Ernando. Skor 0-0 menutup paruh pertama.

Memasuki babak kedua, Peluang emas didapat Uzbekistan melalui tendangan bebas Jalolidinov pada menit ke-51. Bola yang langsung dilepaskan ke gawang masih bisa ditepis Ernando.

Tekanan Uzbekistan seolah tiada henti. Intersep di daerah permainan Indonesia membuat skuad arahan Indra Sjafri sibuk bertahan. Ancaman bola udara dilakukan Alibek Davronov pada menit ke-65 mencoba memanfaatkan sepak pojok.

Namun pertahanan solid yang dibangun Rizky Ridho dan kawan-kawan membuat serangan Uzbekistan masih belum berbuah gol. Waktu normal pertandingan pun selesai, skor masih bertahan imbang 0-0 dan membuat laga berlanjut ke perpanjang waktu.