Bareskrim Polri Periksa Kepala BPOM Jakarta Terkait Gagal Ginjal Akut Anak

Ilustrasi gagal ginjal akut pada anak.
Ilustrasi gagal ginjal akut pada anak. (Foto : Viva)

Antv –Penyidik Bareskrim Polri telah memeriksa kepala BPOM DKI Jakarta terkait kasus gagal ginjal akut anak pada Senin, 13 Maret 2023. Hal itu dibenarkan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan.

“Dari pihak BPOM sudah memenuhi panggilan penyidik. Adapun yang hadir memenuhi panggilan penyidik yaitu Kepala BPOM DKI Jakarta yang dipanggil sebagai saksi pada hari Senin, 6 Maret 2023 lalu,” kata Ramadhan di Mabes Polri pada Selasa, 14 Maret 2023.

Menurut dia, Kepala BPOM DKI Jakarta inisial SGC dilakukan pemanggilan oleh Tim Penyidik Bareskrim Polri dengan maksud untuk memberikan penjelasan terkait proses pengawasan, bahan baku pada pedagang farmasi.

“Detailanya nanti saya tanyakan apa sisi pengawasan bagaimana. Yang jelas, Balai POM diminta keterangan sebagai saksi untuk memberikan jelas mekanisme pengawasan terhadap pedagang farmasi, pedangan obat-obatan,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Ramadhan, penyidik Bareskrim akan melakukan pencocokkan keterangan Kepala BPOM DKI Jakarta dengan temuan tim di lapangan terkait kasus gagal ginjal akut pada anak yang menelan korban jiwa satu orang di wilayah Jakarta dan satu orangnya sempat dirawat.

“(Hasil pemeriksaan Kepala BPOM akan dicocokkan) Ya temuan lapangan. Misalnya diperiksa saksi sebagai ini, tentu ada dikaitkan dengan temuan alat bukti atau barang bukti lainnya,” jelas dia.

Sebelumnya diberitakan Viva.co.id, Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ngabila Salama menyebut dua kasus gagal ginjal akut di Jakarta sudah terlacak yaitu wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Timur.