Anies Sampaikan 5 Poin yang Perlu Diperhatikan Saksi AMIN di TPS

Anies Sampaikan 5 Poin yang Perlu Diperhatikan Saksi AMIN di TPS
Anies Sampaikan 5 Poin yang Perlu Diperhatikan Saksi AMIN di TPS (Foto : antvklik-Aziz Arriadh)

AntvCalon presiden (Capres), nomor urut 01, Anies Baswedan, menghadiri acara Jumpa Saksi AMIN di GOR Podomoro Natar, Lampung Selatan, Lampung, Minggu (14/1/2024).

Dalam kesempatan itu, Anies mengingatkan bahwa saksi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) mengemban tanggung jawab yang besar. Betapa tidak, mereka harus mengamankan suara dari orang-orang yang menginginkan perubahan.

"Tanggung jawab bapak/ibu sekalian bukan sekadar menjaga suara orang, tapi memastikan bahwa proses pemilu berjalan dengan jujur dan adil," ujarnya.

Anies pun menyampaikan lima hal yang perlu diperhatikan oleh para saksi saat bertugas nanti. Berikut adalah poin-poinnya:

1. Kepada seluruh rakyat Indonesia, khususnya yang jadi pemilih di pemilu, agar bersama-sama mengambil sikap turun tangan. Ambil bagian menjaga pemilu berjalan jurdil sesuai amanat konstitusi.

2. Untuk bersama-sama melakukan kegiatan SABAR --saksikan bareng-- pemilu di TPS masing-masing.

3. Saksi agar mengikuti seluruh tahapan rekapitulasi hasil pemungutan suara di berbagai tingkat.

4. Untuk memenuhi kebutuhan saksi, maka Timnas AMIN telah membuka, dan akan terus membuka pendaftaran saksi di seluruh desa/kecamatan.

5. Seluruh saksi diharapkan bekerja sama tanpa memandang unsur asalnya demi terselnggaranya pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.