Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Instruksikan Puskesmas Periksa Jajanan Anak di Sekolahan

Wagub Jabar Instruksikan Puskesmas Periksa Jajanan Anak di Sekolahan
Wagub Jabar Instruksikan Puskesmas Periksa Jajanan Anak di Sekolahan (Foto : Istimewa)

Antv – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menginstruksikan seluruh puskesmas di setiap kecamatan agar melakukan pemeriksaan setiap jajanan makanan yang dijual kepada anak-anak di sekolahan untuk memastikan tidak mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi manusia.

"Pihak puskesmas harus melakukan pemantauan terhadap pedagang, minimal satu bulan sekali makanan yang dijual di sekolah-sekolah diambil contohnya dan dites bahannya, berbahaya atau tidak," kata Uu Ruzhanul Ulum, Kamis (12/1/2023).

Hal itu disampaikan Wagub Jabar usai menjenguk seorang anak yang pernah menjadi korban keracunan jajanan Chiki Ngebul di Desa Ciawang, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya.

Lebih lanjut Uu Ruzhanul Ulum menuturkan, kedatangannya ke Tasikmalaya untuk menemui anak yang menjadi korban makanan Chiki Ngebul.

Selain itu juga memberikan pemahaman dan pengertian kepada kepala sekolah dan guru agar rutin mengawasi pedagang di lingkungan sekolahnya.

Ancaman makanan berbahaya di lingkungan sekolah itu, menurut Uu Ruzhanul Ulum, harus menjadi perhatian semua pihak dengan menanyakan langsung kepada pedagang terkait jenis dan bahan-bahan yang digunakannya.

"Jadi jangan dibiarkan, kalau mereka berdagang harus ditanya makanannya apa, bahannya bagaimana," kata Uu.