Ratusan Sepeda Motor Dikandangkan saat Polisi Razia Balap Liar

Ratusan Sepeda Motor Dikandangkan saat Polisi Razia Balap Liar
Ratusan Sepeda Motor Dikandangkan saat Polisi Razia Balap Liar (Foto : antvklik-Denden Ahdani)

Antv – Maraknya aksi balap liar oleh sekelompok remaja di Jalan Baru Purbaratu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, membuat aparat kepolisian dari Polres Tasikmalaya Kota gerak cepat melakukan razia, Sabtu (07/01/2023) petang. 

Hasilnya, ratusan kendaraan roda dua berhasil terjaring dan diamankan. Kendaraan yang terjaring tersebut berknalpot bising dan tanpa surat kelengkapan kendaraan.

Kabag Ops Polres Tasikmalaya Kota, Kompol Shohet mengatakan, razia ini dilakukan atas dasar aduan dari masyarakat, bahwa setiap sore lokasi tersebut kerap dijadikan arena balapan liar.

Selain membahayakan, balap liar ini juga menganggu lancarnya arus lalu lintas karena banyaknya masyarakat yang menonton.

"Jadi kita dapat laporan dari masyarakat bahwa setiap sore belakangan ini, lokasi jalan baru ini sering dijadikan lokasi untuk balapan liar. Tentunya penontonnya juga cukup banyak, jadi sore ini kita putuskan kita untuk melakukan penindakan terhadap mereka yang melakukan balap liar," kata Kabag Ops Polres Tasikmalaya Kota, Kompol Shohet, Sabtu (07/01/2023) petang.

"Baik itu lengkap kendaraannya, artinya tidak knalpot bising atau brong yang terlibat dalam kegiatan balapan liar inikan kami lakukan penindakan, termasuk para penonton akan kami periksa juga. Karena, balapan liar ini tidak akan rame jika memang tidak ada andil dari penonton," sambungnya.

Selama ini, kata Shohet, pihaknya sering menerima aduan dari masyarakat dan dilakukan razia skala kecil. Namun, para pelaku balapan liar ini seolah tak kapok dan tak ada efek jera, malah melakukan aksi serupa.