Deretan Fakta Menarik Film 'Singham' Ajay Devgn yang Menuai Banyak Komentar dari Berbagai Pihak

Deretan Fakta Menarik Film 'Singham' Ajay Devgn yang Menuai Banyak Komentar dari Berbagai Pihak
Deretan Fakta Menarik Film 'Singham' Ajay Devgn yang Menuai Banyak Komentar dari Berbagai Pihak (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Film 'Singham' yang dibintangi aktor Bollywood Ajay Devgn menjadi salah satu franchise favorit para penggemar Bollywood dan juga dilm India pada umumnya.

Namun, tak semua pihak setuju terhadap film ini. Bagaimana selengkapnya? Berikut deretan fakta menarik film ' Singham'.

Ajay Devgn telah memerankan sederet peran film ternama, dari Tanhaji Malusare dalam film 'Tanhaji: The Unsung Warrior' hingga Vijay Salgaonka dari film 'Drishyam'.

Meskipun begitu, tampaknya peran Inspektur Bajirao M. Singham dari franchise 'Singham' selalu menjadi salah satu karakter terikoniknya.

Film garapan Rohit Shetty ini telah memiliki tiga seri, yaitu Singham (2011), Singham Returns (2014) dan Singham Again (2022).

Peran Ajay sebagai Singham ini juga sempat muncul di Simmba dan Sooryavanshi yang masih menjadi bagian dari cop universe tersebut.

Sayangnya, belum lama ini muncul kabar kurang mengenakkan terkait film Singham ini.

Dilansir dari Bollywood Hungama pada Minggu, 24 September 2023, Hakim Pengadilan Tinggi Bombay, Gautam Patel, memperingatkan “pesan berbahaya” yang disampaikan oleh film-film seperti Singham.

Melalui pidatonya di sebuah acara yang diselenggarakan oleh Yayasan Kepolisian India, Hakim Patel mengatakan bahwa film-film seperti Singham menggambarkan petugas polisi memberikan keadilan instan tanpa mengikuti proses hukum.

Selain itu, menurutnya film-film tersebut mendorong "ketidaksabaran" terhadap supremasi hukum dan menciptakan citra negatif polisi sebagai "pengganggu, korup, dan tidak bertanggung jawab."

Hakim Patel juga mengkritik cara para hakim digambarkan dalam film-film tersebut, dengan mengatakan bahwa mereka sering kali ditampilkan sebagai "penurut, penakut, berkacamata tebal, dan seringkali berpakaian sangat buruk."

Menurutnya, hal ini memperkuat anggapan populis bahwa pengadilan tidak melakukan tugasnya dan bahwa polisi perlu mengambil tindakan sendiri.

“Film Singham secara khusus ditampilkan dalam adegan klimaksnya di mana seluruh kepolisian turun ke tangan seorang politisi yang diperankan oleh Prakash Raj...dan menunjukkan bahwa keadilan kini telah ditegakkan. Tapi saya bertanya, benarkah?” ucapnya.

Hakim Patel menambahkan bahwa kita harus berpikir “betapa berbahayanya pesan itu”.

Sambil memuji upaya Prakash Singh, mantan Direktur Jenderal Polisi Uttar Pradesh dalam mengadvokasi reformasi kepolisian, Hakim Patel mencatat perlunya diskusi yang lebih luas mengenai reformasi berbagai aspek sistem peradilan.

Dia juga menyoroti persepsi populis yang disayangkan mengenai polisi sebagai “pengganggu, korup, dan tidak bertanggung jawab” yang dapat menyebabkan publik merayakan tindakan di luar hukum.

“Inilah sebabnya saat seorang tersangka pemerkosaan terbunuh dalam sebuah pertemuan ketika ia diduga mencoba melarikan diri, orang-orang berpikir bahwa hal tersebut tidak hanya baik-baik saja tetapi juga dirayakan. Keadilan telah ditegakkan, menurut mereka, tetapi benarkah?" katanya.

Komentar Hakim Patel ini muncul pada saat tim franchise Singham siap untuk seri ketiga dari film yang dibintangi Ajay Devgn ini, yakni Singham Again.