Sains Ungkap Manfaat Memaafkan untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Sains Ungkap Manfaat Memaafkan untuk Kesehatan Fisik dan Mental
Sains Ungkap Manfaat Memaafkan untuk Kesehatan Fisik dan Mental (Foto : )
Manfaat memaafkan untuk kesehatan fisik dan mental yaitu, membantu mengelola stres, mengaktifkan sistem saraf parasimpatik, dan membantu menurunkan risiko gangguan psikologis.
Kesulitan dalam memaafkan rupanya berdampak bagi kesehatan. Menurut Everett L. Worthington Jr., PhD, Profesor Emeritus di Virginia Commonwealth University, Richmond, cara orang mencapai keadaan memaafkan berbeda-beda. Namun biasanya terbagi dalam dua kategori, yaitu memutuskan memaafkan dan memaafkan emosional.
  “Anda dapat mengalami perubahan dalam emosi Anda, dan kemudian memutuskan untuk memaafkan, atau Anda dapat memutuskan untuk memaafkan terlebih dahulu dan mengalami perubahan itu secara emosional di kemudian hari,” kata Dr. Worthington.Karena hubungan kita dengan orang lain sangat penting untuk kesehatan, maka mampu memaafkan, dan berkomunikasi dengan orang lain bahwa Anda telah memaafkan mereka, akan bermanfaat bagi kesehatan Anda dan mereka.   ”Jangan lupa, kesehatan mental berhubungan langsung dengan kesehatan fisik,” ujar Dr. Worthington.Lebih lanjut, Dr. Worthingtong menyebutkan tiga bukti bahwa memaafkan memengaruhi kesehatan mental dan fisik. Berikut penjelasannya seperti dilansir dari Everyday Health.