Sama Seperti Rashmika Mandanna, Video Deepfake Kajol Berganti Pakaian Beredar Viral di Media Sosial

Sama Seperti Rashmika Mandanna, Video Deepfake Kajol Berganti Pakaian Beredar Viral di Media Sosial
Sama Seperti Rashmika Mandanna, Video Deepfake Kajol Berganti Pakaian Beredar Viral di Media Sosial (Foto : Kolase Tangkap Layar)

Antv – Setelah video deepfake Rashmika Mandanna beredar viral di media sosial, sebuah video serupa juga muncul yang konon menampilkan aktris ikon Bollywood Kajol, sedang berganti pakaian.

Video yang telah dimanipulasi ini, awalnya dibagikan di media sosial TikTok, menampilkan wajah Kajol yang diubah ke dalam sebuah klip dari seorang influencer Inggris, Rosie Breen, yang sedang berganti pakaian.

Rosie Breen telah mengunggah video tersebut di TikTok pada tanggal 5 Juni sebagai bagian dari tren "Get Ready With Me" (GRWM).

Namun, sekarang, videonya telah diubah dengan menumpangkan wajah Kajol ke tubuh Breen.

Untuk Melihat Videonya, silahkan Klik di Sini.

Video atau foto seseorang yang wajah atau tubuhnya telah diubah secara digital sehingga tampak seperti orang lain, biasanya digunakan untuk tujuan jahat atau menyebarkan informasi palsu.

Deepfake termasuk gambar, video, dan audio yang dipalsukan semakin banyak disalahgunakan untuk menciptakan pornografi dan informasi yang salah dan menimbulkan tantangan yang signifikan bagi masyarakat sipil.

Beberapa hari yang lalu, Rashmika Mandanna menghadapi kesulitan karena video deepfake dirinya beredar luas di media sosial.

Video yang dimanipulasi ini menggambarkan wajah Rashmika yang ditempatkan pada tubuh seorang influencer Instagram berdarah Inggris-India, Zara Patel.

Bereaksi keras terhadap pelanggaran ini, Rashmika mengungkapkan rasa sakit hati dan ketakutannya yang mendalam terkait penyalahgunaan teknologi yang memungkinkan terjadinya penipuan tersebut.

Dalam catatannya yang tulus yang dibagikan di media sosial, Rashmika menyampaikan keprihatinannya yang mendalam tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk semua orang yang menghadapi kerentanan karena penyalahgunaan teknologi yang merajalela.

Sebagai seorang wanita dan seorang aktor, ia menyoroti pentingnya sistem pendukung seperti keluarga dan teman-teman sementara juga menekankan dampak potensial dari manipulasi seperti itu yang dapat terjadi jika ditemui selama masa sekolah atau kuliahnya.

Rashmika berkata, "Saya merasa sangat terluka untuk membagikan hal ini dan harus berbicara tentang video deepfake saya yang disebarkan secara online. Hal seperti ini sejujurnya sangat menakutkan, tidak hanya bagi saya, tapi juga bagi kita semua yang saat ini rentan terhadap begitu banyak bahaya karena penyalahgunaan teknologi."

"Hari ini, sebagai seorang wanita dan sebagai seorang aktor, saya berterima kasih kepada keluarga, teman, dan simpatisan saya yang merupakan sistem perlindungan dan dukungan saya. Namun, jika hal ini terjadi pada saya saat saya masih sekolah atau kuliah, saya benar-benar tidak bisa membayangkan bagaimana saya bisa mengatasi hal ini. Kita perlu mengatasi hal ini sebagai sebuah komunitas dan dengan segera sebelum lebih banyak lagi dari kita yang terkena dampak dari pencurian identitas seperti ini," tambahnya.