Terkuak! Ternyata Film 'My Name Is Khan' Jadi Tonggak Kebangkitan Shah Rukh Khan di Bollywood

Terkuak! Ternyata Film 'My Name Is Khan' Jadi Tonggak Kebangkitan Shah Rukh Khan di Bollywood
Terkuak! Ternyata Film 'My Name Is Khan' Jadi Tonggak Kebangkitan Shah Rukh Khan di Bollywood (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Film 'My Name Is Khan' yang dibintangi superstar Bollywood Shah Rukh Khan, adalah karya sinema Hindi, bertema drama sosial, dirilis tahun 2010, disutradarai Karan Johar.

Film tersebut diproduseri oleh Hiroo Yash Johar untuk rumah produksi Dharma Productions dan Gauri Khan untuk Red Chillies Entertainment, dalam sebuah asosiasi dengan Fox Star Studios, Searchlight Pictures dan Yash Raj Films.

Film tersebut mengisahkan tentang Rizwan Khan (Shah Rukh Khan), seorang penderita sindrom Asperger yang pergi ke Amerika Serikat untuk bertemu dengan presiden Amerika Serikat.

Film ini juga berkisah tentang kehidupan pribadinya dengan istrinya Mandira (Kajol), seorang penata rambut dengan anak semata wayang dari pernikahan sebelumnya.

Diketahui, film 'My Name Is Khan' menjadi tonggak kebangkitan Shah Rukh Khan di industri Bollywood, setelah mengalami serangkaian hasil buruk di film-film sebelumnya.

Setelah menolak peran yang kemudian diberikan kepada Anil Kapoor dalam film 'Slumdog Millionaire' (2008) karya Danny Boyle, Khan memulai syuting My Name Is Khan (2010), kolaborasi keempatnya dengan sutradara Karan Johar dan keenamnya dengan Kajol.

Kisah film tersebut berdasarkan pada kisah nyata dan dibuat untuk melawan timbal balik terhadap persepsi Islam setelah serangan 11 September.

Khan memerankan Rizwan Khan, seorang Muslim yang terserang sindrom Asperger yang merencanakan sebuah perjalanan ke Amerika untuk bertemu dengan presiden negara tersebut.

SRK berperan layaknya cendekiawan film Stephen Teo pandang sebagai "sebuah simbol nilai-nilai rasa asertif" dan contoh lain dari Khan mewakili identitas India non-residen dalam Bollywood global.

Untuk menyediakan sebuah penggambaran akurat dari seorang pengidap tanpa ketidakcocokan, Khan menjalani beberapa bulan meneliti perannya dengan membaca buku-buku, menonton video-video dan berbincang kepada orang yang terkena keadaan tersebut.

Setelah perilisan, film 'My Name is Khan' menjadi salah satu film Bollywood berkeuntungan tertinggi sepanjang masa di luar India.


Film ini juga menghantarkan Khan meraih Penghargaan Filmfare untuk Aktor Terbaik kedelapannya, setara dengan rekor untuk kemenangan terbanyak dalam kategori tersebut dengan pemeran Dilip Kumar.