3 Macam Zat yang Ampuh Tingkatkan Imunitas dan Cegah Covid-19

fruit-1850032_960_720
fruit-1850032_960_720 (Foto : )
Saat ini kita terus dihantui dengan Covid-19 dan jenis barunya, sehingga dituntut untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk memerangi virus. Menurut Associate Professor dietetika dan nutrisi Cristina Palacios , suplemen dan makanan yang kaya vitamin dan mineral tertentu sangat penting. Dilansir dari laman FIU News pada Senin, 22 Oktober 2022 berikut tiga jenis vitamin yang ampuh tingkatkan imunitas dan cegah Covid-19.
1. Vitamin C Vitamin ini merupakan  sumber utama untuk membantu sistem kekebalan tubuh. Palacios mengatakan vitamin C sangat penting untuk kesehatan leukosit, sejenis sel darah putih yang membantu melawan infeksi.Palacios merekomendasikan untuk orang dewasa mengkonsumsi suplemen 1000 mg dua kali setiap hari.Palacios juga merekomendasikan mengonsumsi makanan kaya vitamin C Seperti jus jeruk klasik dan jeruk serta buah dan sayuran sitrat lainnya termasuk jeruk bali, stroberi, tomat, dan cranberry.
2. Vitamin D Paling sering kita dapatkan vitamin D melalui matahari, tetapi selama ini, kata Palacios, mengonsumsi suplemen adalah ide yang bagus. Faktanya, penelitian mulai menunjukkan bahwa orang yang kekurangan vitamin D berisiko lebih tinggi terinfeksi virus COVID-19.Palacios merekomendasikan orang dewasa untuk mengonsumsi suplemen vitamin D3 sebanyak 1000 International Unit (IU) sekali atau dua kali sehari, dikonsumsi saat makan.Selain itu, Anda dapat meningkatkan asupan vitamin D dengan makan ikan dan makanan lain yang diperkaya dengan vitamin.Bagi mereka yang kekurangan vitamin D, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk dosis suplemen yang akurat. 3. Zinc