Simak! Ini 5 Cara Alami untuk Menghilangkan Batuk

Batuk
Batuk (Foto : Freepik/8photo)

AntvCara alami menghilangkan batuk tentu menjadi sesatu yang cukup dicari. Pasalnya, batuk yang secara terus menerus akan mengganggu dalam melakukan aktivitas sehari-hari. 

Sementara, batuk merupakan refleks alami yang dilakukan tubuh manusia untuk membersihkan saluran pernapasan dari lendir, atau zat-zat yang mengganggu.

Hal semacam ini menjadi cara tubuh menjaga kesehatan saluran pernapasannya. 

Ketika ada iritasi atau gangguan dalam saluran pernapasan, seperti debu, kuman, atau lendir yang berlebihan, sistem saraf tubuh bakal merespons hingga merangsang otot-otot di sekitar tenggorokan. 

Di sisi lain, untuk mencegah batuk terus berlanjut, umumnya kebanyakan orang akan mengonsumsi obat batuk yang banyak dijual di pasaran. 

Namun, jika kamu ingin mencoba menghilangkan batuk dengan cara alami, ulasan di bawah ini patut disimak seperti yang telah dihimpun dari berbagai sumber. 

Cara Alami Menghilangkan Batuk

Bahan alami untuk menghilangkan beragam penyakit dipercaya dapat menjadi alternatif apabila tidak ingin mengonsumsi obat-obatan dokter. 

Selain lebih aman digunakan, bahan alami juga sudah terbukti ampuh menghilangkan keluhan, seperti batuk salah satunya. Nah, berikut ini merupakan bahan alami untuk meredakan batuk. 

1. Mandi dengan Air Hangat 

img_title
Ilustrasi mandi. (Foto: Pixabay)

Cara pertama yang dapat kamu lakukan yakni dengan menggunakan air hangat untuk mandi.

Mandi menggunakan air hangat ini bisa meredakan batuk berdahak sebab uap air hangatnya itu bisa membantu mengencerkan dahak dan melegakan tenggorokan. 

Selain bisa membantu mengencerkan dahak, mandi memakai air hangat juga bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks dan meredakan rasa nyeri akibat batuk yang berkepanjangan.

2. Jahe

img_title
minuman jahe. (Foto: pixabay/11082974)

Jahe sudah lama dikenal masyarakat luas sebagai obat herbal. Salah satu keluhan kesehatan yang bisa diatasi dengan jahe ini adalah batuk. 

Memutuskan untuk mengonsumsi jahe saat batuk bisa membuat otot-otot pada saluran napas manusia menjadi rileks. 

Tak hanya itu, jahe juga memiliki sifat anti inflamasi yang mampu mengurangi peradangan serta pembengkakan di tenggorokan. 

Cara mengonsumsinya sangat mudah, kamu bisa meresbus jahe kemudian meminum air rebusan jahe tersebut. Kamu juga bisa mencampurnya dengan sedikit madu agar menambah citarasa serta khasiatnya. 

Sensasi hangat yang diberikan dari jahe membantu mengencerkan dahak pda saluran pernapasan, sehingga cocok dijadikan sebagai obat herbal dalam menyembuhkan batuk berdahak.

3. Air Putih Hangat

img_title
Ilustrasi air putih. (Foto: Freepik/ rawpixel.com)

Cara selanjutnya yakni dengan meminum air hangat. Hal ini diketahui mampu mengencerkan dahak yang menempel di belakang tenggorokan sehingga menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan. 

Memutuskan untuk mengonsumsi air putih hangat juga dapat mengurangi refleks batuk yang mengganggu di tenggorokan. 

Tak hanya itu, cara menghilangkan batuk berdahak dengan cara pun mampu membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang turut meningkatkan kekebalan tubuh kamu. 

Oleh sebab itu, proses pemulihan tubuh dari infeksi bakteri atau virus penyebab batuk berdahak dapat berjalan dengan baik dan optimal. 

4. Daun Mint 

img_title
Manfaat daun mint. (Foto: Freepik/Arthur Hidden)

Daun mint dalam hal ini mengandung mentol yang memiliki sifat antimikroba, antioksidan, serta anti-inflamasi. Kamu dapat mencoba meramu obat tradisional satu ini dengan membuat teh daun mint. 

Kandungan menthol yang ada dalam daun mint juga bersifat sebagai analgesik atau pereda nyeri ketika kamu batuk. 

Caranya, sangat mudah, kamu perlu memasukkan beberapa helai daun mint ke dalam air panas kemudian tunggu beberapa saat sebelum diminum.

5. Lemon

img_title
Ilustrasi jus lemon. (Foto: Pixabay)

Cara alami menghilangkan batuk yang selanjutnya yakni dengan menggunakan buah lemon.

Diketahui, lemon mampu mengurangi radang yang terjadi pada bagian tenggorokan, sekaligus memberikan asupan vitamin C bagi tubuh.  

Kandungan Vitamin C sendiri berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam membasmi infeksi berupa kuman, termasuk infeksi pada saluran napas yang menjadi penyebab terjadinya batuk.

Caranya sangat mudah, kamu dapat mencampurkan perasan lemon dengan satu sendok teh madu, lalu  meminumnya secara bersamaan.

Itulah 5 cara alami untuk menghilangkan batuk. Kamu tak perlu banyak melakukan usaha besar, dan cara tersebut tentunya tak ada efek samping yang berarti.