Mudik ke Sumatra? 4 Masjid Keren Ini Menarik Dikunjungi Sambil Pulang Kampung

Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman (Foto : Instagram @masjidraya.aceh)

Antv – Mendekati masa libur Idul Fitri, warga Indonesia mulai bersiap-siap untuk mudik alias pulang kampung ke tanah kelahiran. Mudik sudah menjadi tradisi bagi para perantau sejak lama. Mereka tak ingin melewatkan momen lebaran bersama keluarga besar di kampung halaman.

Salah satu tujuan pemudik saat libur lebaran yakni Pulau Sumatra. Banyak perantau di Jakarta yang berasal dari daerah di pulau tersebut, seperti Aceh, Padang, hingga Palembang.

Selain menjadi salah satu penyumbang perantau terbanyak di Jakarta, kota-kota di Sumatra ternyata juga punya masjid-masjid besar dan megah. Masjid tersebut bahkan sudah menjadi ikon di kota.

Sebut saja Masjid Raya Baiturrahman Aceh. Masjid ini sudah berdiri sejak masa kesultanan Aceh. Selain tempat ibadah, Masjid Raya Baiturrahman juga bisa menjadi pilihan wisata religi saat mudik atau libur lebaran.

Selain Aceh, kota lain di Sumatra juga punya masjid yang tidak kalah ikonik. Berikut 4 masjid Keren di Sumatra yang menarik dikunjungi sambil pulang kampung.

1. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Jika Anda mencari tempat untuk dikunjungi di Banda Aceh, Masjid Raya Baiturrahman menjadi pilihannya. Situs bersejarah ini dibangun pada masa Kesultanan Aceh dan telah melalui berbagai zaman, mulai dari pembakaran oleh koloni Belanda sekitar tahun 1873 hingga tsunami yang melanda pada akhir tahun 2004.