Ada Miniatur Rumah Tradisional Berbahan Kayu Daur Ulang, Jadi Ingat Masa Lalu Lebanon

Miniatur rumah tradisional Lebanon
Miniatur rumah tradisional Lebanon (Foto : REUTERS)

Antv – Di Lebanon, ada miniatur rumah tradisional berbahan kayu daur ulang. Pengusaha setempat membuatnya menjalankan proyek bertema ‘Berbicara Tentang Warisan dan Budaya Lebanon’. Tujuannya sebagai pengingat masa kejayaan arsitektur waktu lampau.

“’Dari Lebanon dengan Cinta’ adalah proyek untuk semua generasi. Untuk generasi yang hidup dengan kemegahan bangunan cagar budaya. Untuk generasi kita yang telah melihatnya dan untuk generasi berikutnya. Yang kita khawatirkan mungkin tidak dapat melihat apa yang kita dan orang tua kita saksikan," salah seorang pendiri proyek, Jennifer Ghafary seperti dikutip dari REUTERS, Kamis (16/2/2023).

Jennifer dan saudara laki-lakinya, Georges adalah dua pendiri proyek tersebut.

Keduanya mengatakan tujuan produk miniatur rumah tradisional sebagai barang dekoratif dan suvenir buatan Lebanon untuk penduduk, ekspatriat dan turis.

“Proyek ’Dari Lebanon dengan Cinta’ terlahir karena kebutuhan akan produk yang memiliki identitas dan warisan Lebanon yang notabene dibuat oleh tangan warga Lebanon dan di Lebanon,” kata Georges.

Tim Jennifer dan Georges berkolaborasi dengan seniman lokal, pengrajin, wanita, sejarawan dan pedagang kecil dan menengah sehingga mereka tetap hidup di tengah krisis ekonomi Lebanon.

Rumah-rumah tua Lebanon tersebar di seluruh pantai dan pegunungan. Di antara rumah tua banyak yang terbengkalai selama dan setelah perang saudara selama 15 tahun. Beberapa terpelihara dengan baik dan dihuni oleh bisnis atau keluarga.