Sejarah Lebanon Raih Kemenangan Pertama di FIBA World Cup 2023, Buka Peluang Lolos ke Olimpiade

Lebanon menang, buka peluang lolos ke Olimpiade
Lebanon menang, buka peluang lolos ke Olimpiade (Foto : FIBA)

Antv – Hasil pertandingan putaran kedua FIBA World Cup, Lebanon berhasil mengalahkan Pantai Gading di Indonesia Arena, Jakarta, Kamis 31 Agustus 2023. 

Lebanon membuka peluang untuk lolos Olimpiade sebagai wakil Asia lewat jalur FIBA World Cup 2023. Finalis FIBA Asia Cup 2023 ini meraih kemenangan pertamanya pada laga klasifikasi di Grup P dengan mengalahkan Pantai Gading 94-84. 

Hanya saja peluang lolos itu sangat tipis. Sebab di grup lain, Jepang sudah meraih dua kemenangan. Lebanon bisa lolos asalkan Jepang kalah telak pada game terakhir di Grup O melawan Tanjung Verde, sementara Lebanon mengalahkan Iran dengan skor besar untuk kemudian digelar perhitungan selisih skor. 

Nantinya, jatah menuju Olimpiade diberikan ke satu tim Asia yang mendapatkan posisi terbaik pada laga kualifikasi. Selain Lebanon dan Jepang, ada Iran, Yordania, Cina, dan Filipina yang juga bersaing untuk memperebutkan tiket menuju Paris 2024.

img_title
Lebanon kalahkan Pantai Gading 94-84. (Foto: FIBA)

Pada pertandingan ini, Pelatih Lebanon tak memainkan bintangnya Wael Arakji. Ia menurunkan starting five Sergio El Darwich, Ali Haidar, Omari Rasulala Spellman, Karim Zeinoun, dan Ali Mezher, yang menggantikan peran Arakji. Pantai Gading memainkan Amadou Sidibe, Bazoumana Kone, Jean Philippe Dally, Maxence Dadiet, dan Cedric Bah.

Kuarter pertama hingga empat menit berjalan, perolehan poin kedua tim masih imbang 10-10. Lebanon kemudian melaju 20-10, 30-10 dan akhirnya menutup sepuluh menit awal dengan keunggulan 32-20, berkat lay up Karim Zeinoun pada detik akhir.