10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut, Alami dan Ampuh!

manfaat minyak zaitun untuk rambut
manfaat minyak zaitun untuk rambut (Foto : Pexels/Mareefe)

Antv – Perawatan rambut tidak hanya bisa dilakukan dengan shampoo atau conditioner, melainkan juga bahan alami seperti minyak zaitun. Lalu, apa saja manfaat minyak zaitun untuk rambut?

Kamu mungkin telah mendengar bahan alami untuk perawatan rambut seperti biji kemiri atau lidah buaya. Kedua bahan ini sering digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut kita.

Selain kedua bahan itu, minyak zaitun pun mempunyai manfaat untuk kesehatan rambut. Dibandingkan dengan biji kemiri dan lidah buaya, minyak zaitun mempunyai lebih banyak manfaat.

Dilansir dari Heathline, minyak zaitun paling cocok dan ampuh digunakan pada jenis rambut yang kasar, tebal, dan kering. Minyak zaitun juga bekerja baik untuk rambut yang rusak karena proses kimia. 

Bagi kamu yang telah memiliki kondisi rambut bagus atau rambut yang tipis dan berminyak juga bisa menggunakan minyak zaitun ini. Namun, sumber menyarankan agar kamu menggunakan lebih sedikit minyak. 

Selain itu, tidak semua jenis minyak zaitun bisa diaplikasikan pada rambut. Para ahli menyarankan agar kamu menggunakan extra virgin oil. Minyak zaitun jenis ini memiliki kesehatan tertinggi karena mempertahankan sebagian besar zat alami tanpa bahan kimia dan pemrosesan panas.

 

Lalu, apa saja manfaat minyak zaitun untuk rambut? 

Dilansir dari My Glamm, minyak zaitun sangat penting untuk membantu melawan semua kemungkinan masalah kecantikan umum, salah satunya yang ada pada rambut.

Minyak zaitun bertindak sebagai kondisioner alami untuk rambut dan membantu mengatasi dan mencegah berbagai masalah. 

Selain itu, kamu akan mendapat keuntungan besar jika melakukan rutinitas perawatan rambut dengan minyak zaitun secara rutin. Setelah satu masalah perawatan rambutmu selesai, masalah rambut yang lain juga akan terpecahkan! 

Berikut ini 10 manfaat minyak zaitun untuk rambut yang akan memperbaiki sekaligus meningkatkan kesehatan rambut bahkan kulit kepalamu, dilansir dari berbagai sumber.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

img_title
manfaat minyak zaitun untuk rambut. (Foto:Freepik/Benzoix)

1. Mengatasi Ketombe

Ketombe adalah hasil dari kulit kepala yang kering dan teriritasi yang akhirnya menyebabkan pengelupasan. Unsur-unsur dalam minyak zaitun membantu rehidrasi kulit kepala dan merawat segala jenis infeksi jamur di atasnya. 

Manfaat minyak zaitun untuk rambut ini pada dasarnya menghilangkan semua ketombe, yang juga memperbaiki banyak masalah rambut lainnya.

2. Menghaluskan Rambut Bercabang

Karena minyak zaitun adalah kondisioner alami, minyak ini dapat menghidrasi rambut kamu! Penggunaan secara teratur dapat menghaluskan dan melembutkan rambut serta mengurangi pangkal rambut yang bercabang.

3. Membuat Rambut Lebih Mudah Diatur

Kondisi rambut kering dan rusak sering membuat rambutmu sulit diatur. Minyak zaitun memiliki kemampuan untuk memperbaiki dan membalikkan kerusakan. Selain itu, minyak zaitun juga menjaga rambut agar sedikit lebih mudah diatur dan tidak mudah patah.

4. Memperkuat Rambut

Minyak zaitun sarat dengan antioksidan yang meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambutmu. Minyak zaitun daoat memelihara dan mengkondisikan rambut sambil mencegah segala jenis kerusakan. 

Karena salah satu manfaat minyak zaitun untuk rambut adalah untuk menjaganya, ini mengurangi kemungkinan rambut menjadi kering. 

Apa hasilnya? Rambut akan lebih sedikit bercabang, lebih sedikit mengalami kerusakan, dan rambut akan menjadi lebih kuat.

5. Memperbaiki Rambut Rusak

img_title
manfaat minyak zaitun untuk rambut. (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)
 
 

Selain kaya akan vitamin A dan E, minyak zaitun mengandung antioksidan berat. Kandungan ini dapat memperbaiki dan membalikkan kerusakan yang disebabkan oleh styling berlebihan, suhu panas, dan bahan kimia. 

Salah satu manfaat utama minyak zaitun untuk rambut adalah membantu melindungi protein keratin di rambut dan mengunci kelembapan.

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit Kepala

Memijat minyak zaitun di kulit kepala dan rambut membantu melawan jamur dan bakteri serta meningkatkan kesehatan kulit kepala. Ketika kulit kepala sehat, itu memperkuat folikel rambutmu dan mendorong surai yang jauh lebih sehat.

7. Memelihara & Menjaga Kondisi Rambut

Salah satu manfaat minyak zaitun yang terbaik dan paling efektif adalah memelihara  dan menjaga kondisi rambut. Ini mengandung semua nutrisi yang diperlukan yang memberi rambutmu kondisioner dan nutrisi yang tepat.

8. Mengurangi Kerusakan Rambut

Manfaat rambut zaitun lainnya adalah mengurangi kerusakan rambut. Minyak zaitun membuat rambut bervolume dan tebal serta menjaga kerusakan rambut. Tidak hanya itu, minyak zaitun juga memperbaiki tekstur dan corak serta menjaga kekeringan dan kerusakan.

9. Membasmi Kutu Kepala

Minyak zaitun juga membantu menghilangkan kutu rambut yang aktif. Tidak hanya itu, tetapi juga menenangkan dan melembabkan kulit kepala.

10. Mengatasi Masalah Rambut & Membuat Rambut Berkilau

Rambut berzaitun mencegah banyak masalah rambut seperti iritasi, gatal, dan semua jenis luka. Minyak zaitun juga membuat rambutmu jauh lebih berkilau. 

 

Cara Penggunaan Minyak Zaitun pada Rambut

img_title
manfaat minyak zaitun untuk rambut. (Foto: Pexels/Bennie Lukas Bester)
 

Jumlah minyak zaitun yang digunakan tergantung pada masalah rambutmu. 

Jika digunakan untuk pangkal atau ujung rambut saja, kamu cukup menggunakan satu sendok makan minyak zaitun. Namun, untuk seluruh bagian kepala dan rambut kamu memerlukan sekitar 50 ml minyak zaitun. 

Dilansir dari Hadviser, minyak zaitun lebih baik diaplikasikan ke rambut sebelum keramas untuk menghindari sensasi berminyak. 

Lalu, bagaimana cara-cara penggunaan minyak zaitun ini ke rambut dan kulit kepala? Berikut caranya!

1. Takar

Jika ini adalah pertama kali kamu menggunakan minyak zaitun pada rambut, mulailah secara bertahap dengan takaran yang kecil. Pastikan kamu memulai hanya dengan satu sendok makan untuk dan meningkatkannya setiap kali. 

2.  Pijat

Pastikan kamu memijat minyak dengan lembut ke dalam kulit kepala dan rambut selama beberapa menit. Setelah selesai, bungkus rambut dengan shower cap atau gunakan handuk panas untuk menguapkan produk.

3. Bilas

Dengan menggunakan sisir bergigi jarang, rapikan rambut sebelum membilasnya dengan sampo. Karena konsistensi minyak zaitun bisa sangat kental, kamu mungkin perlu membilasnya dengan busa dan ulangi setidaknya dua kali untuk menghilangkan semua residu berminyak.

 

Resep Minyak Zaitun untuk Perawatan Rambut

img_title
manfaat minyak zaitun untuk rambut. (Foto: Pexels/cottonbro)

Kamu bisa menggunakan minyak zaitun langsung ke rambut dan kulit kepala. Namun, kamu pun bisa mencampurkan minyak zaitun dengan bahan-bahan lainnya untuk memberikan efek yang lebih sempurna. Berikut ini beberapa resep campuran minyak zaitun untuk rambut:

Conditioner Pijat

Pjat sedikit minyak ke rambut dan/atau kulit kepala, kenakan topi mandi, dan diamkan selama seperempat jam. Lalu, bilas dengan sampo dan air biasa. 

Masker pelembab telur dan minyak zaitun

Campurkan 2 kuning telur (untuk rambut kering) atau 2 putih telur (untuk rambut berminyak) dengan 2 sendok makan minyak dan oleskan campuran tersebut ke rambut basah selama 20 menit. Kamu dapat memasukkan gel lidah buaya ke dalam kedua masker untuk meningkatkan efeknya.

Kondisioner madu dan minyak zaitun

Campurkan 100 ml madu dan 50 ml minyak zaitun, lalu hangatkan dalam microwave selama 15 detik. Setelahnya, oleskan ke rambut dan biarkan selama setengah jam.

Masker mayonnaise dan minyak zaitun

Tambahkan 1 sendok teh minyak ke 50 ml mayones dan diamkan di rambut basah selama 30 menit. 

Minyak zaitun dan lemon untuk anti ketombe

Campur beberapa sendok makan minyak, jus lemon, dan air untuk memijat obat ke kulit kepala yang lembab selama 20 menit. 

Minyak zaitun dan jus bawang merah untuk mencegah rambut rontok

Campurkan 3 sendok makan jus dan 1½ sendok makan minyak untuk dioleskan selama 2 jam. 

Infus bawang putih dan minyak zaitun untuk pertumbuhan rambut

Masukkan bawang putih ke dalam minyak zaitun untuk perawatan rambut semalaman.