Piala Asia U23 Belum Berakhir...

Skuad Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan
Skuad Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan (Foto : Dok. PSSI)

Oleh:
M. Nigara
Wartawan Sepakbola Senior

Antv - BELUM BERAKHIR. Meski Rizky Ridho dan kawan-kawan, Senin (29/4/24) malam, dalam laga semifinal di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, kalah 0-2 dari Uzbelistan.

Masih satu laga lagi untuk merebut tiket ke Olimpiade, Juli 2024, di Paris.

Sepanjang laga, Uzbek melakukan tekanan luar biasa. Sedikitnya ada tiga peluang Uzbek yang harusnya bisa menambah jumlah gol, tapi bola membentur tiang.

Sementara itu, Muhammad Ferrari, pemain asal Persija sebenarnya sempat membobol gawang Uzbek yang dikawal Abduvohid Nematov. Namun setelah wasit VAR memberitahu wasit tengah, Sivakorn Pu-Udon asal Thailand, kaki kanan Sananta dalam posisi _offside_

Begitu juga di babak pertama. Wasit VAR menyatakan tidak ada pelanggaran saat Witan Sulaiman dijatuhkan oleh Abduvohid Ne'matov pada menit 20.

Padahal awalnya wasit asal Thailand telah membunyikan peluit bahwa telah terjadi pelanggaran. Persoalannya, di dalam atau di luar kotak penalti. Setelah menyaksikan tayangan VAR berulang-ulang, Pu-Udon justru menganulir keputusannya sendiri di awal, dan _tackling_ bek Uzbek itu dinyatakan bersih.