Juara Dunia Sejati Super Middleweight, Mei 2024, Canelo Manggung Lagi

Juara Dunia Sejati Super Middleweight, Mei 2024, Canelo Manggung Lagi
Juara Dunia Sejati Super Middleweight, Mei 2024, Canelo Manggung Lagi (Foto : Dok. DAZN Boxing)

Oleh:
M. Nigara
Wartawan Tinju Senior
Komentator Tinju tvone

Antv - MASIH tentang Saul Canelo Alvarez. Juara dunia tinju sejati Super Midddleweight (WBC,/WBA/IBF/WBO) yang Ahad (1/10/23) lalu membungkam Jermell Charlo, di T. Mobile Arena, Las Vegas, Nevada, telah memutuskan akan berlaga kembali.

Juara dunia asal Guadalajara, Jalisco, Mexico, telah merancang laga berikutnya 4 Mei 2024. Tanggal itu sengaja dipilih  untuk memperingati Cinco de Mayo ("Tanggal Lima Mei" dalam bahasa Spanyol).

Tanggal 5 Mei adalah sebuah hari libur regional, bukan federal, di Meksiko. Tanggal ini diperingati di Amerika Serikat (eks. Meksiko, seperti California, Nevada, New Meksiko, dll) dan tempat-tempat lainnya di seluruh dunia sebagai perayaan warisan dan kebanggaan Meksiko.

Perayaan ini memperingati kemenangan awal pasukan-pasukan Meksiko yang dipimpin oleh Jenderal Ignacio Zaragoza Seguín atas pasukan-pasukan Prancis dalam  Pertempuran Puebla pada 5 Mei 1862. (Data Wikipedia).

Biasanya sepekan perayaan itu tanpa ada event apapun. Semua hanya selebrasi untuk mengenang peristiwa itu.

Tapi, karena Canelo adalah bintang Meksiko dan dunia, maka keinginannya untuk bertarung di pekan perayaan itu, justru disambut begitu luar biasa. Apalagi, Canelo sendiri berencana untuk bertarung di Guadalajara, maka baru tahap rencana saja, sambutannya sudah demikian besar.

Siapa saja, boleh

"Saya tak perduli, siapa saja boleh," katanya seperti dikutip CBS Boxing , Selasa (3/10/23).

Ada tiga nama yang mulai digadang-gadang akan menantang Canelo.

Pemenang antara David Benavidez, juara interm Super Middleweight WBC vs Demetrius Andrade, penantang ke-5, menjadi calon pertama.

Lalu, Jermall Charlo, juara dunia kelas menengah WBC, kakak kembaran Jermell. Terakhir Terrance Crawford, juara sejati kelas welter.

Hebatnya, ketiga kemungkinan semua memiliki nilai jual sangat tinggi.

Menurut Mike Tyson, Benavidez sangat berbahaya.

"Saya tak ragu menyebut dia sebagai Monster-Meksiko!" tegas Tyson.