Catatan Ilham Bintang: Tiada Lagi Pelukis Hardi

Catatan Ilham Bintang: Tiada Lagi Pelukis Hardi
Catatan Ilham Bintang: Tiada Lagi Pelukis Hardi (Foto : Kolase Istimewa)

AntvPelukis terkenal kelahiran 26 Mei 1951 itu wafat Kamis (28/12/2023) pukul 09. 00 WIB di rumahnya, di kawasan Joglo, Jakarta Barat. Oriana Titisari, putrinya, menceritakan Hardi meninggal saat tidur.

Hardi tercatat terserang radang meningitis yang mengakibatkan memorinya terganggu, sulit mengenali orang. Belakangan kondisinya sudah agak membaik menurut Oriana. Tadi pagi saat tengah tertidur pulas, tetiba sesak nafas.

Belum sempat keluarga memasangi masker oksigen, Hardi telah mengembuskan nafas terakhir. Pemakamannya dilakukan ba'da Ashar di TPU Tanah Kusir. Semoga almarhum Husnul Khotimah. Al Fatihah.

Sekitar 5 bulan lalu saya membesoek Hardi di rumah. Berikut catatannya  waktu itu.
Pelukis Hardi tengah berjemur badan di halaman depan rumahnya ketika saya besoek, Minggu (2/7/2023) pagi.

Tubuhnya bersandar di kursi, sedangkan kedua kakinya dibiarkan berselonjor.  Sinar matahari pagi yang cukup terik menjilati tubuhnya.

Pagi itu, ia ditemani putri sulungnya Oriana Titisari dan Munadi, sahabatnya, mantan karikaturis Harian Terbit.  Belakangan saya baru tahu, lokasi rumah Hardi di Kav DKI Kedoya hanya berjarak 10 menit dari rumah saya.

Bahkan hanya 5 menit dari Kantor Tabloid Cek & Ricek. Yang mengirimi peta rumahnya, produser film Firman Bintang. Sabtu pagi Firman ke rumah Hardi, namun rumah itu tertutup rapat. Dia sempat mengetuk- ngetuk pagarnya tapi tidak ada respons.

img_title
Saat Dibesuk. (Foto: Istimewa)