Preview Semifinal Piala AFC U-23 : Shin Tae Yong Punya Cara Rahasia Indonesia Kalahkan Uzbekistan

Witan Sulaeman & Shin Tae-yong di Piala AFC U-23
Witan Sulaeman & Shin Tae-yong di Piala AFC U-23 (Foto : PSSI)

Antv – Jadwal pertandingan semifinal Piala AFC U-23, Indonesia kontra Uzbekistan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin 29 April 2024 mulai pukul 21.00 WIB.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) mengaku sudah mengantongi peta kekuatan Uzbekistan. Tim Uzbekistan U-23 ini mampu mengalahkan Arab Saudi 2-0 di perempat final, lalu tiga kemenangan di fase grup yakni Vietnam 3-0, Kuwait 5-0 dan Malaysia 2-0. Dari empat laga, Uzbekistan belum kebobolan dan telah memasukan 12 gol.

"Uzbekistan jadi tim dengan pertahanan terkuat telah memasukan 12 gol namun belum kemasukan. Transisi mereka sangat cepat dari menyerang ke bertahan dan begitu juga sebaliknya. Sebagai pelatih saya tidak punya pengalaman kalah dari Uzbekistan meski mereka sangat bagus dengan skuad yang baik. Saya punya perasaan yang baik dan akan melakukan persiapan yang baik pula,” tegas Shin Tae-yong.

"Mungkin kita punya kesempatan menang melawan Uzbekistan. Saya tidak bisa mengatakan lebih detail karena itu rahasia," ucap Shin Tae-yong.

STY pernah membawa Timnas Indonesia U-20 lawan Uzbekistan dan berakhir imbang 0-0. Uzbeksitan kemudian melaju sampai partai final dan untuk kali pertama berhasil juara Piala Asia U-20.

Timnas Indonesia melangkah ke babak semifinal penuh dengan perjuangan. Di laga awal, harus menelan kekalahan menyakitkan ari tuan rumah Qatar 0-2 ditambah dengan dua kartu merah.

Usai kekalahan dari Qatar, Garuda Muda bangkit dengan mengalahkan Australia 1-0, Jordania 4-1 dan terakhir menyingkirkan Korea Selatan lewat drama adu penalti 11-10.