Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Simifinal Piala AFF U-23, Dibantu Malaysia Hingga Vietnam

Timnas Indonesia U-23
Timnas Indonesia U-23 (Foto : Dok. PSSI)

Antv – Timnas Indonesia U-23 dipastikan lolos ke babak semifinal Piala AFF U-23. Hal tersebut usai Malaysia dan Vietnam membantu jalan skuad Garuda Muda menjadi runner up terbaik.

Kemenangan 3-1 Malaysia atas Timor Leste dan kemenangan 1-0 Vietnam atas Filipina membuat Indonesia dipastikan menjadi runner up terbaik dan berhak melaju ke babak semifinal.

Sebelumnya, nasib Indonesia di Piala AFF U-23 berada di ujung tanduk usai menelan kekalahan saat menghadapi Malaysia dengan skor 2-1 dan meraih kemenangan 1-0 atas Timor Leste. Hal tersebut membuat Indonesia bergantung pada tim lain.

Sebab, jalur runner-up terbaik merupakan satu-satunya jalan untuk bisa melenggang ke empat besar. Indonesia membutuhkan bantuan dari tim-tim lainnya, seperti Thailand U-23, Malaysia U-23, dan Vietnam U-23.

Ternyata, dewi fortuna masih berada di pasukan Shin Tae-yong. Thailand U-23 melaksanakan tugasnya dengan baik usai mengalahkan Kamboja U-23 2-0 pada Senin, 21 Agustus 2023 kemarin.

Kemudian, Timnas Malaysia U-23 dan Vietnam U-23 sukses melaksanakan dengan baik pula. Malaysia menghajar Timor Leste dengan skor 3-1 selagi Vietnam menundukkan Filipina 1-0.

Dengan demikian, Timnas Indonesia U-23 lolos sebagai runner-up terbaik dengan raihan tiga poin. Skuad asuhan Shin Tae-yong akan menghadapi Thailand di semifinal.