Piala AFC U-23 : Kalahkan Jordania 4-1, Indonesia Lolos Ke Perempatfinal, Lawan Korea Atau Jepang

Pemain Timnas Indonesia U-23 : Marselino Ferdinan
Pemain Timnas Indonesia U-23 : Marselino Ferdinan (Foto : PSSI)

Antv – Hasil pertandingan ketiga Grup A Piala AFC U-23, Indonesia berhasil menang telak atas Jordania 4-1 di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar, Minggu 21 April 2024 malam. Di saat yang bersamaan, Qatar melawan Australia berakhir imbang 0-0

Dengan hasil ini, Indonesia lolos ke fase delapan besar dengan status runner up Grup A. Di klasemen akhir Grup A, Qatar keluar sebagai juara Grup A dengan koleksi tujuh poin, Indonesia di peringkat dua dengan enam poin, peringkat tiga ada Australia dengan dua poin dan keempat Jordania satu poin.

Di babak perempatfinal, Indonesia akan melawan juara Grup B antara Jepang atau Korea Selatan. 

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong menurunkan starter dengan penjaga gawang Ernando Eri kemudian Rizky Ridho, Muhammad Ferrari, Ivar Jenner, Arhan Pratama, Fajar Faturohman, Nathan Tjoe, Marselino Ferdinand, Witan Sulaeman, Justin Hubner dan Raffael Struick.

Memasuki menit ke-21, Indonesia mendapat hadiah penalti akibat Struick terjatuh di kotak terlarang. Penendang penalti, Marselino Ferdinan sempurna mengeksekusi tendangan 12 pas. Indonesia memimpin 1-0.

Pada menit ke-40, Indonesia menggandakan keunggulan lewat gol Witan Sulaeman. Diawali dari bek Rizky Ridho yang membantu serangan kemudian kerjasama dengan Marselino yang diselesaikan dengan tendangan kaki kiri Witan. Di akhir babak pertama Struick diganjar kartu kuning akibat pelanggaran di kotak penalti. Indonesia memimpin 2-0 hingga turun minum.

Di babak kedua, Jordania langsung menyerang. Pada menit ke-59 tendangan Aref Haitham dari dalam kotak penalti masih bisa di blok Hubner. Gawang Indonesia masih selamat. Pada menit ke-66, Ibrahim sebenarnya sudah dalam posisi ruang tembak yang kosong di dalam kotak penalti. Namun tendangannya lemah, sehingga melebar ke samping gawang Ernando Ari.