Daftar Juara Bundesliga Sejak 1903-2023: Liga Petani untuk Bayern Munich, Kenapa?

Bayern Munchen vs Borussia Dortmund
Bayern Munchen vs Borussia Dortmund (Foto : Twitter @FCBayern)

Antv – Julukan ‘Liga Petani’ memang patut disematkan pada Liga Jerman atau lebih dikenal dengan Bundesliga. Pasalnya dalam 11 musim terakhir, Bayern Munich selalu menjadi peraih takhta tertinggi kompetisi sepak bola di Jerman tersebut.

Sepanjang pagelaran Bundesliga, Bayern Munich berhasil mengumpulkan 32 gelar juara. Trofi tersebut 6 kali lipat lebih banyak dari pesaing terdekat mereka, Borussia Dortmund.

Dalam beberapa musim terakhir, Bayern Munchen masih jadi kandidat juara Liga Jerman. Sedangkan klub top Jerman seperti Dortmund, Schalke, Bayer Leverkusen dan RB Leipzig juga konsisten bersaing di papan atas klasemen.

Terbaru, Bayern Munchen menjuarai Bundesliga 2022/2023 setelah menyalip posisi Dortmund di detik-detik terakhir pada pekan ke-34. Munchen hanya unggul selisih jumlah gol dari Dortmund.

Liga Jerman sudah digelar sejak tahun 1903, namun kompetisi profesional Bundesliga baru diresmikan sejak tahun 1963. Sejak itu, Bundesliga digelar tiap musimnya sampai sekarang.

Format Bundesliga saat ini diikuti oleh 18 klub peserta. Tiap musimnya sebanyak 4 klub Jerman akan berpartisipasi di Liga Champions sementara 3 klub lainnya akan main di Europa League.

Berikut daftar lengkap peraih gelar juara Bundesliga sejak 1903-2023: