Bali Batal Jadi Tuan Rumah ANOC World Beach Games 2023, Ini Alasannya

ANOC World Beach Games Bali 2023
ANOC World Beach Games Bali 2023 (Foto : AWBG Bali 2023)

Antv – Pulau Dewata Bali batal menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games yang seharusnya terlaksana 5-12 Agustus 2023. Belum cairnya anggaran disinyalir jadi penyebab batalnya ANOC World Beach Games 2023.

Keterangan ini resmi diumumkan Asosiasi Komite Olimpiade Nasional atau Association of National Olympic Committees (ANOC) Selasa malam, 4 Juli 2023. ANOC mengumumkan bahwa Bali menarik diri jadi tuan rumah AWBG 2023 dalam surat yang ditandatangani Presiden ANOC, Robin Mitchell dan Sekjen ANOC Gunilla Linberg, Selasa 4 Juli 2023.

"Dengan sangat terkejut dan sangat kecewa, ANOC mengetahui bahwa Komite Olimpiade Indonesia (KOI) telah menarik diri dari komitmennya untuk menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games dan Sidang Umum ANOC pada bulan Agustus 2023," bunyi keterangan resmi ANOC.

Menurut keterangan ANOC, tidak cairnya anggaran dari pemerintah menjadi penyebab mundurnya Bali sebagai tuan rumah World Beach Games 2023.

"KOI (Komite Olimpiade Indonesia) menyatakan bahwa keputusan tersebut diambil setelah anggaran tidak kunjung cair dari Pemerintah Indonesia dan tidak ada waktu lagi untuk menyelenggarakan pesta olahraga tersebut."

"ANOC sangat kecewa dengan tindakan KOI yang akan menghalangi atlet-atlet dari 100 NOC yang memenuhi syarat untuk memenuhi ambisi mereka untuk berkompetisi di Asian Games," imbuh ANOC.

"Dengan jadwal penyelenggaraan yang dijadwalkan berlangsung satu bulan lagi, keputusan yang sangat mendadak ini membuat ANOC tidak dapat mencari tuan rumah alternatif sehingga tidak ada pilihan lain selain membatalkan penyelenggaraan edisi tahun ini dan juga Sidang Umum ANOC."