Soal Nomor 1 di MotoGP 2023, Ducati Enggan Memaksa Pecco Bagnaia Untuk Memakainya

Pecco Bagnaia dan Valentino Rossi
Pecco Bagnaia dan Valentino Rossi (Foto : Twitter, VR46 Riders Academy)

Antv – CEO Ducati Motor Holding, Claudio Domenicali menyatakan bahwa Bagnaia akan dibebaskan untuk memakai 1 atau tetap memakai nomor balapnya seperti biasa, yakni 63.

Ia mengaku takkan memaksa Pecco Bagnaia untuk memakai nomor balap 1 di MotoGP 2023, meski nomor tersebut akan membuat Ducati bangga. 

Seperti yang diketahui, nomor 1 di MotoGP hanya boleh dipakai sang juara dunia bertahan. Namun, beberapa pembalap menolak memakai nomor tersebut meski sukses juara.

Yang memulai tren ini adalah Barry Sheene, yang menjuarai GP500 pada 1976 dan 1977. Ia menolak menanggalkan nomor 7 yang sudah identik dengannya.

Valentino Rossi mengikuti jejak Sheene dan selalu pakai nomor 46. Marc Marquez (93) juga mengikuti jejak ini, begitu pula Joan Mir (36) dan Fabio Quartararo (20). Jorge Lorenzo (99) pernah memakai nomor 1 usai jadi juara pada 2010, tetapi menolak memakai nomor itu lagi usai meraih gelar dunia yang kedua dan ketiga.

Lewat The Race usai mengunci gelar MotoGP 2022 di Valencia pada awal November, Bagnaia mengaku masih belum mengambil keputusan bulat soal nomor balapnya pada 2023.