Sempat Mati Suri, Karapan Sapi Kembali Digelar di Piala Presiden 2022

Sempat Mati Suri, Karapan Sapi Kembali Digelar di Piala Presiden 2022
Sempat Mati Suri, Karapan Sapi Kembali Digelar di Piala Presiden 2022 (Foto : antvklik-Farik Dimas)

AntvKarapan sapi tradisional yang sempat mati suri akibta pandemi, kini kembali digelar untuk memperebutkan piala bergilir Presiden RI.

Perlombaan balapan sapi itu digelar di lapangan Stadion Karapan Sapi Moh. Noer, Kabupaten Bangkalan, Minggu (16/10/2022), yang dipadati penonton.

Kegiatan itu juga bertepatan dengan hari jadi Provinsi Jawa timur ke-77, menjadi kelebihan tersendiri bagi pencinta balapan sapi.

Ady Karyono, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, yang menghadiri Grand Final Karapan Sapi Tradisional mengatakan, karapan sapi merupakan hasil budaya dan seni yang eksotik serta warisan leluhur masyarakat Madura untuk meningkatkan kegembiraan serta hiburan setelah panen padi. 

Sekarang semakin membanggakan dan akan mengangkat martabat pemilik sapi di masyarakat, maka perlu dilestarikan. 

"Kita semua harus bersama-sama berpartisipasi agar kegiatan Karapan Sapi ini menjadi suatu tontonan yang menarik, unik, dan layak dijual kepada wisatawan mancanegara sehingga menjadi pemicu peningkatan kunjungan wisata, perekonomian, dan kesejahteraan. Selamat berlomba, laksanakan dengan sportif dan bertanggung jawab,” terangnya. 

Sementara Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Pamekasan, M. Gunawan Saleh menambahkan, kegiatan ini diikuti oleh pemenang Karapan Sapi hasil seleksi tingkat kabupaten se-Madura tahun 2020 yang tertunda selama 2 (dua) tahun karena Covid-19.