Kasad Buka Karapan Sapi Perang Bintang se-Jawa Timur

Kasad buka dan saksikan lomba karapan sapi piala Kasad tahun 2023.
Kasad buka dan saksikan lomba karapan sapi piala Kasad tahun 2023. (Foto : TNI AD)

Antv –Usai menerima Gelar Kesultanan Bangkalan, Madura, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman membuka dan menyaksikan Lomba Karapan Sapi Piala Kasad Tahun 2023 yang digelar di Lapangan Karapan Sapi H. R.P. Moh. Noer Bangkalan, Madura, Senin (20/3/2023).

Dalam event bertajuk Karapan Sapi Perang Bintang Se-Jawa Timur memperebutkan Piala Kasad tersebut, puluhan sapi karapan terbaik itu berasal dari empat kabupaten di Madura yaitu Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, dan Kabupaten Sumenep.

Ditambah sebanyak 6 pasang sapi kerap dari Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, hingga Jember.

Dalam sambutannya Kasad menyampaikan, Karapan Sapi merupakan tradisi yang sudah lama ada di lingkungan masyarakat Madura dan tradisi ini telah dilaksanakan turun temurun yang identik dengan pesta rakyat.

Namun seiring berkembangnya waktu, permainan ini bukan hanya menjadi pesta rakyat semata melainkan juga menjadi daya tarik tersendiri serta menjadi objek wisata bagi pelancong domestik maupun mancanegara.

Lebih lanjut Kasad menegaskan bahwa Lomba Karapan Sapi Piala Kasad ini baru pertama kali dilaksanakan dengan memperebutkan hadiah mobil, motor hingga hadiah menarik lainnya. Untuk itu, melalui event ini Kasad berharap dapat lebih memperkenalkan dan melestarikan budaya karapan sapi ciri khas Madura kepada masyarakat Indonesia dan dunia.

Karapan Sapi bukan hanya sekedar arena adu cepat dengan mengendalikan sapi untuk mengalahkan lawan menjadi yang pertama. Namun banyak nilai filosofis yang terkandung di dalamnya yang patut diteladani dalam kehidupan sehari-hari diantaranya nilai kerja keras, kerja sama, ketertiban dan sportivitas.