Presiden Jokowi Didampingi Menhan Prabowo Resmikan RSPPN Panglima Besar Soedirman dan 25 RS TNI

Presiden Jokowi Didampingi Menhan Prabowo Resmikan RSPPN Panglima Besar Soedirman dan 25 RS Milik TNI
Presiden Jokowi Didampingi Menhan Prabowo Resmikan RSPPN Panglima Besar Soedirman dan 25 RS Milik TNI (Foto : Dok. Biro Humas Setjen Kemhan RI)

Antv – Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, meresmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman dan 25 RS milik TNI. Acara peresmian diselenggarakan di RSPPN, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Senin (19/2/2024).

Dari total 25 Rumah Sakit TNI AD, TNI AL dan TNI AU, 5 (lima) Rumah Sakit TNI sebelumnya telah diresmikan oleh Presiden dan Menhan.

Rumah sakit tersebut yaitu RS Modular Jenderal TNI LB Moerdani, RS Tk. IV Timika Kesdam Kesdam XVII/Cendrawasih, RS Salak Tingkat III dr. H. Sadjiman, RS Tk. III Brawijaya, dan  RS Angkatan Laut Tk. II dr. Soekantyo Jahja.

Presiden Jokowi pada acara peresmian mengingatkan untuk flashback pada peristiwa pandemi Covid-19 yang telah mengajarkan kepada Bangsa Indonesia tentang pentingnya fasilitas kesehatan yang lengkap.

Rumah Sakit dengan kesiapan SDM dan fasilitas yang memadai untuk mengatasi kondisi-kondisi kedaruratan kesehatan.

“Karena itu saya sangat menghargai, mengapresiasi pembangunan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara Panglima Besar Soedirman dan 25 rumah sakit yang diinisiasi oleh Kementerian Pertahanan,” ungkap Presiden.

Sebelum peresmian, Presiden Joko Widodo didampingi Menhan Prabowo melakukan peninjauan ke sejumlah fasilitas rumah sakit dan peralatannya antara lain ruang Radiologi (MRI, DSA, CT Scan, Cath Lab, serta radiologi konvensional canggih), ruang operasi dan ruang ICU.

Presiden menilai peralatan yang ada sangat super modern.

“MRI misalnya tadi, saya melihat inilah spek tertinggi Tesla 3 yang bisa melihat dari segala sudut yang kita inginkan. juga CT Scan yang juga bisa melihat dari semua sudut yang kita inginkan. Ruang Operasi juga modular yang terintegrasi juga sangat canggih,” kata Presiden.

“Dan saya mendapat laporan juga bahwa pembangunan Rumah Sakit TNI semuanya TKDN-nya rata-rata 70%, ini juga langkah yang sangat bagus untuk mendukung pengembangan industri nasional kita untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional kita,” sambung Presiden.

Sebelum diresmikan Presiden RI, Menhan Prabowo menyampaikan Laporan Pembangunan RSPPN Panglima Besar Soedirman dan 25 RS TNI lainnya.