KASAD Didampingi Pangkostrad Resmikan Program Peningkatan Kesejahteraan Desa di Kabupaten Banyumas

KASAD Didampingi Pangkostrad Resmikan Program Peningkatan Kesejahteraan Desa di Kabupaten Banyumas
KASAD Didampingi Pangkostrad Resmikan Program Peningkatan Kesejahteraan Desa di Kabupaten Banyumas (Foto : Dok Penerangan Kostrad)

Antv – Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. bersama Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa mengunjungi Program Peningkatan Kesejahteraan Desa, bertempat di Kampung Glempang, Desa Tipar, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Selasa (27/2/ 2024).

Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. bersama Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa mengunjungi Program Peningkatan Kesejahteraan Desa, bertempat  di Kampung Glempang, Desa Tipar, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Selasa  (27/2/ 2024).

Program ini merupakan hasil sinergi antara KOSTRAD dan Astra menandai komitmen TNI AD dalam mendukung kesejahteraan masyarakat.

Dalam kunjungannya ini, KASAD didampingi Pangkostrad Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, Pejabat Gubernur Jateng Nana Sudjana, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tandyo Budi Revita, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah meresmikan rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pembuatan MCK dan pengembangan Pompa air hidram bagi masyarakat di beberapa Desa di Banyumas.

Pompa air hidram ini akan memberikan manfaat bagi 8 desa dengan total populasi sekitar 6000 orang, juga sudah dibangun 32 titik air bersih, 32 tower air, 32 MCK komunal, dan 100 unit rehabilitasi RTLH, Kostrad juga menyelenggarakan pengobatan gratis bagi masyarakat Desa Tipar.

Pompa air hidram yang telah dibangun diharapkan dapat menjadi solusi atas kebutuhan akan air bersih, sementara rehabilitasi RTLH dan pembuatan MCK akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan.

Melalui program ini, tidak hanya kesejahteraan masyarakat yang ditingkatkan, tetapi juga pemberdayaan wilayah pertahanan darat.

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. menekankan pentingnya kelanjutan Program Peningkatan Kesejahteraan Desa sebagai upaya nyata dalam mengatasi ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kami mengajak semua pihak untuk senantiasa menjaga komitmen dalam kepedulian sosial demi terwujudnya Indonesia Emas 2045," ujarnya.

Kerjasama antara KOSTRAD dan Astra ini diharapkan dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat di Kabupaten Banyumas.

Dengan demikian, upaya bersama untuk meningkatkan kesejahteraan dan memperkuat sinergi antara TNI AD dan masyarakat dapat terus berlangsung dengan baik.

Secara khusus di Banyumas, KASAD berharap fasilitas air bersih dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan warga tidak perlu lagi membeli air saat musim kemarau tiba.

"Dengan tersedianya air bersih, kita dapat mendukung program pemerintah untuk mengurangi stunting dan kemiskinan," tambahnya.

Sementara Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana mengucapkan terima kasih kepada TNI AD yang telah membantu masyarakat Jateng terutama dalam membangunkan fasilitas air bersih.

"Kami berterima kasih kepada TNI AD bersama Astra yang telah membangun fasilitas air bersih. Pemprov juga terus berusaha untuk menurunkan angka kemiskinan," katanya.

Sedangkan Marsudi, seorang warga dari Desa Tipar, menyampaikan terima kasih kepada TNI AD dan Astra atas pembangunan fasilitas air bersih.

"Pada musim kemarau, kami biasanya harus mencari air di sungai karena sumur kami pasti mengering. Dengan bantuan ini, kami tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih," ujarnya