Pecat Dejan, Barito Putera Tunjuk Pelatih Baru Rodney Goncalves

Pelatih Barito, Rodney Goncalves
Pelatih Barito, Rodney Goncalves (Foto : instagram hasnur_baritoputera)

Antv – Klub Barito Putra resmi merekrut pelatih baru asal Brasil, Rodney Borges Goncalves. Tugas Rodney cukup berat, mengangkat posisi Barito Putra yang kini terjerembab di jurang degradasi. 

CEO Barito Putra, Hasnuryadi Sulaiman resmi mengumukan lewat unggahan akun instagramnya @hasnur_baritoputera pada Rabu malam, 21 September 2022. 

"Welcome coach Rodney. WASAKA," ucap Hasnur singkat. 

Rodney menggantikan pelatih sebelumnya, Dejan Antonic yang telah melatih selama empat bulan. Karir Dejan bersama Barito banyak mengecewakan suporter. Dari lima pertandingan, Barito hanya sekali menang dan empat kali menelan kekalahan. 

Barito Putera memulai laga dengan dibantai Madura United delapan gol tanpa balas, menang 3-1 atas Borneo FC, dan kemudian menelan tiga kekalan beruntun takluk 1-2 dari PSIS Semarang, 0-1 dari PSS Sleman, dan 1-2 dari Bali United. 

Dejan menjadi pelatih kelima yang dipecat. Sebelum Dejan Antonic, empat pelatih yang telah lebih dulu gugur adalah Robert Alberts dari Persib Bandung, Javier Roca dari Persik Kediri, hingga Jacksen Tiago dari Persis Solo dan Sergio Alexandre dari PSIS. Kemudian ada Pelatih Arema Eduardo Almeida. 

Barito memilih Rodney karena punya karir bagus dalam dunia kepelatihan. Juru taktik kelahiran Brasil itu sudah melatih sejumlah klub dan timnas usia muda untuk Negeri Samba. Dikutip dari Playmakerstats, pelatih berusia 43 tahun itu menjalani karier kepelatihan sejak 1999. Dia ditunjuk sebagai asisten pelatih untuk timnas Brasil U-17.