Coach Ican Sosok Entrepreneur Inspiratif yang Sukses Luncurkan Bisnis Pelatihan dan Pendidikan

coach ican
coach ican (Foto : istimewa)

Antv – Seorang entrepreneur dan business Coach Ican dikenal sebagai sosok inspiratif yang sukses mengatasi berbagai rintangan hidup. Pria yang lahir di Jakarta, 18 Desember 1983 ini Setelah lulus dari SMA, melanjutkan pendidikan S1-nya di Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Mathematics (2001 - 2005) dan S2-nya di BINUS University jurusan Strategic Management (2013 - 2016).

Ia juga pernah berkair di beberapa perusahaan sejak tahun 2005, dari mulai menjadi Business Intelligence Analytics di Standard Chartered Bank, hingga Head of CCPL Product, Portofolio, Installment di Maybank.

Namun, sebelum merintis sebagai seorang entrepreneur, Coach Ican cukup banyak menghadapi fase up and down, yang hampir membuat dia mengakhiri hidupnya. Di tahun 2007, ia harus kehilangan ibunya akibat tragedi perampokan dan pembunuhan yang terjadi di rumahnya.

Pada saat itu, Coach Ican yang masih berumur 24 tahun terbangun di tengah malam karena suara gaduh yang berasal dari kamar orang tuanya. Tak disangka-sangka, justru ia malah menemukan ibunya yang sudah bersimbah darah dan tidak bernyawa. 

Tak hanya itu, pada tahun 2018, Coach Ican juga mengalami sakit keras. Ia didiagnosis terkena Periodic Paralysis Hypokalemia, yaitu penyakit langka yang ditandai dengan pelemahan otot rangka dan bersifat periodik atau waktu tertentu.

Akibat sakitnya itu, ia terpaksa di PHK dari pekerjaannya dan sempat menganggur sehingga ia tidak memilki penghasilan selama 1 (satu) tahun. Bahkan, ia sempat terlilit hutang hingga 10 miliyar.

Dengan semangat yang tak pernah padam, Coach Ican memutuskan untuk bangkit. Dia memulai bisnisnya, Cariilmu, yang berfokus pada pelatihan dan pendidikan. Cariilmu, yang berdiri sejak 2018, telah menjadi Mitra Pelatihan Resmi Kartu Prakerja, menawarkan berbagai program pelatihan interaktif dan inspiratif secara online.