6 Orang ABK Selamat saat KM Sri Muncul Tenggelam di Pulau Sebuku Lampung

6 Orang ABK Selamat saat KM Sri Muncul Tenggelam di Pulau Sebuku Lampung
6 Orang ABK Selamat saat KM Sri Muncul Tenggelam di Pulau Sebuku Lampung (Foto : antvklik-Pujiansyah)

Antv6 orang anak buah kapal (ABK) di Kapal Motor (KM) Sri Muncul berhasil selamat saat kapal dilaporkan tenggelam, Kamis (04/01/2024). Kapal tersebut mengalami musibah di sekitar perairan Pulau Legundi.

Sebelumnya, KM Sri Muncul yang bermuatan 6 orang ABK berlayar dari Dermaga TPI Bom Kalianda, Lampung Selatan menuju Pulau Legundi, Rabu (3/1/2024) sekira pukul 22.00 WIB, untuk mencari ikan.

Sekitar pukul 22.00 WIB, nahkoda kapal bernama Carmin (60) menelpon keluarganya bahwa perahu mereka hampir tenggelam karena dihantam badai. Kemudian pihak keluarga langsung menggerakan perahu dari teluk dan dari Kalianda untuk melakukan pencarian dan bantuan.

Setibanya di lokasi sekitar Pulau Legundi mereka hanya menemukan dirigen dan pelampung, kemudian salah satu warga melaporkan kejadian tersebut ke Kantor Sar Lampung pada pagi hari.

Kepala Kantor SAR Lampung, Deden Ridwansah, mengatakan pihaknya mengerahkan 1 tim Rescue Pos SAR Bakauheni menuju lokasi untuk melakukan pencarian dan pertolongan.

Kemudian sekitar Pukul 10.50 WIB Tim SAR Gabungan berhasil menemukan 4 orang korban dalam keadaan selamat di sekitar perairan pulau tiga dan 2 orang lainnya di sekitar dermaga pulau Sebuku  dalam kondisi selamat.

"Kemudian 6 korban tersebut langsung dievakuasi menuju Dermaga Boom dengan menggunakan Kapal Dinas Sosial," kata Deden, Kamis (4/1/2024).

Seluruh ABK KM Sri Muncul yang tenggelam telah berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat. Saat ini, mereka sudah kembali ke keluarganya masing-masing.

Adapun identitas nelayan itu yakni Carmin (60) selaku nakhoda kapal, Iwan (30), Nawi (25), Putra (25), Ari (25), dan Amir (50). Semuanya warga Kalianda, Lampung Selatan.

Kakansar Lampung juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada unsur SAR Gabungan yang terlibat pada operasi SAR kali ini.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur  yg terlibat pencarian ini, dengan sinergi dan koordinasi yg baik, alhamdulillah semua korban dapat ditemukan dan dievakuasi dalam keadaan selamat," tandas Deden.