Ini Strategi Pengelola Jalan Tol Trans Sumatera Lampung Dalam Hadapi Libur Nataru 2024

Ini Strategi Pengelola Jalan Tol Trans Sumatera Lampung Dalam Hadapi Libur Nataru 2024
Ini Strategi Pengelola Jalan Tol Trans Sumatera Lampung Dalam Hadapi Libur Nataru 2024 (Foto : antvklik-Pujiansyah)

AntvPengelola ruas tol Bakauheni Terbanggi Besar (Bakter), PT Bakauheni Terbanggi Besar (BTB Toll) siap melayani masyarakat yang akan berlibur saat Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2024.

Berbagai langkah dan strategi telah disiapkan untuk mengatisipasi lonjakan arus dan mengoptimalkan pelayanan pada libur Nataru mendatang.

Direktur Utama PT BTB Toll, I Wayan Mandia menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan berbagai strategi untuk penanganan antrean kendaraan, diantaranya menyiagakan alat mobile reader untuk mempercepat transaksi di Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Gerbang Tol Kotabaru dan Gerbang Tol Terbanggi Besar.

"Kami juga menyiapkan Rest Area 20 B sebagai buffer zone sebagai upaya delay system saat terjadi antrean kendaraan yang akan menuju ke Pelabuhan Bakauheni," kata I Wayan Mandia, Jumat (15/12/2023).

I Wayan Mandia menambahkan dalam guna melayani masyarakat yang ingin berlibur nanti, pihaknya berupaya meningkatkan pelayanan di Rest Area, seperti kebersihan tempat makan dan juga Mandi Cuci Kakus (MCK), ketersediaan air bersih, serta keamanannya.

"Kami juga bekerjasama dengan Pertamina Retail untuk penambahan SPBU modular di RA 20 B dan 49 B selama periode Nataru," tegas Wayan.

Sementara itu untuk menunjang kelancaran para pengguna tol, PT BTB Toll juga menyiagakan 200 personil Layanan Jalan Tol (LJT), mulai dari petugas patroli, petugas towing & derek, petugas rescue, dan juga petugas ambulance.

Sementara itu, Project Manager Ruas Tol Bakter, Riadiano Muhammad menuturkan, progress pemeliharaan dan perbaikan minor jalan sudah berjalan dan akan selesai tanggal 20 Desember 2023.

"Kami pastikan untuk perbaikan jalan di beberapa titik saat ini akan rampung seluruhnya atau zero poth hole tanggal 20 Desember 2023 atau sebelum momen libur Nataru, perbaikan tersebut meliputi perbaikan main road serta bahu jalan," tutur Riadiano.

Perlu diketahui, guna mengantisipasi keamanan di sepanjang jalan Tol Bakter terdapat 289 unit CCTV yang dipantau selama 24 jam. Selain itu, PT BTB Toll juga berkoordinasi dengan sejumlah pihak, yaitu Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Pemprov/Pemda dan juga pihak terkait lainnya agar penyelenggaraan libur Nataru berjalan dengan lancar.

Tol Bakter merupakan Jalan Tol Trans Sumatera dengan panjang 140 KM dan memiliki sebelas gerbang tol akses yang menyambungkan tiga kabupaten di Provinsi Lampung, yaitu Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten, Pesawaran, dan juga Kabupaten Lampung Tengah.

Selain itu, Tol Bakter memiliki sepuluh rest area permanen dan dua rest area fungsional yang siap menjadi persinggahan para pengguna jalan. Tol Bakter juga merupakan salah satu ruas terpenting Jalan Tol Trans Sumatera karena Tol tersebut menjadi akses pintu masuk dan keluar pengguna jalan dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa dan juga sebaliknya.