Ratusan Personel Dikerahkan untuk Pengamanan Deklarasi Prabowo - Gibran

Ratusan Personel Dikerahkan untuk Pengamanan Deklarasi Prabowo - Gibran
Ratusan Personel Dikerahkan untuk Pengamanan Deklarasi Prabowo - Gibran (Foto : Indonesia.go.id)

Antv – Hari ini, Rabu (25/10/2023), Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan mengumumkan pencalonan mereka sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Ada 140 polisi yang siap menjaga keamanan acara tersebut di sepanjang jalan.

"Total 140 personel Ditlantas Polda Metro Jaya dan Satlantas Polres akan siaga," kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman, seperti dikutip dari Antara, Rabu (25/10/2023).

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sendiri tengah melakukan pengamanan rekayasa lalu lintas. Mereka terutama fokus di beberapa wilayah penting seperti di sekitar KPU dan GBK.

Ia juga mengatakan bahwa dirinya menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban. Serta kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar) saat deklarasi Capres, dan Cawapres tersebut.

"Menjamin Kamseltibcar Lantas yang aman, dan nyaman bagi warga masyarakat yang akan melintas obyek pada kegiatan. Kegiatan deklarasi paslon (pasangan calon) Prabowo dan Gibran," katanya.

Rencananya, bakal pasangan calon presiden ,dan wakil presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo-Gibran akan berangkat ke Kantor KPU. Yaitu, mulai berangkat dari kediaman Prabowo di Kartanegara 4 Jakarta Selatan.

Diketahui, pasangan Bacapres-Bacawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) akan mendaftarkan diri Gedung KPU RI. Yakni di Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023).

Sebelum menuju KPU, pasangan itu akan menggelar deklarasi di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat. Keduanya akan memulai perjalanan dari kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta.

Selanjutnya mereka akan ke Taman Suropati untuk melakukan kirab budaya, kemudian baru ke KPU. Untuk melancarkan itu Polda Metro Jaya telah melakukan rekayasa lalu lintas (lalin), berikut rutenya:

Pengalihan arus lalin di GBK:

1. Arus lalu lintas dari arah Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda. Ini diarahkan lurus ke arah Slipi.

2. Arus lalu lintas dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi. Tidak ada yang menuju layang Ladokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

3. Arus lalu lintas dari arah Bundaran Senayan yang akan menuju Jalan Pintu 1 Senayan. Ini diluruskan ke Jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi.

4. Arus lalu lintas dari arah Jalan Mustopo yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika. Ini dibelokkan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya.

5. Arus lalu lintas dari arah Jalan Patal Senayan 1 yang akan menuju ke arah Jalan Asia Afrika. Ini juga dibelokkan ke kiri ke Jalan Tentara Pelajar.

6. Arus lalu lintas dari arah Jalan Tentara Pelajar yang akan menuju Jalan Patal Senayan. Ini diluruskan ke arah Jalan Permata Hijau.

7. Arus lalu lintas dari arah Manggala Wanabakti yang akan menuju Jalan Gelora. Ini diluruskan ke arah Jalan Tentara Pelajar.

Pengalihan arus menuju KPU:

1. Kendaraan yang datang dari arah bundaran HI yang akan menuju Jalan Imam Bonjol. Ini dialihkan ke Jalan H Agus Salim maupun Jalan Pamekasan.

2. Kendaraan yang datang dari arah Jalan H Agus Salim yang akan menuju Jalan Imam Bonjol. Ini diluruskan ke Jalan Pamekasan atau belok ke kanan ke arah Bundaran HI.